Hot Borneo

Waduh… Guru Honorer SMKN 1 Batumandi Balangan Nekat Bobol Brankas Sekolah

apahabar.com, PARINGIN – Bukan ikut menjaga aset, seorang guru honorer di SMKN 1 Batumandi, Balangan, malah…

Featured-Image
Pelaku P memperagakan cara memasuki ruang guru SMKN 1 Batumandi, sebelum menggondol uang dari dalam brankas. Foto: Humas Polres Balangan

apahabar.com, PARINGIN – Bukan ikut menjaga aset, seorang guru honorer di SMKN 1 Batumandi, Balangan, malah mencuri uang dari brankas milik sekolah.

Terdapat dua brankas di ruang guru yang dibobol pelaku berinisial P tersebut. Brankas pertama berisi Rp30 juta yang dibongkar 7 Juli 2022.

Sedangkan satu brankas lain yang berisi uang senilai Rp70 juta, diambil 21 Agustus 2022.

Perbuatan pria berusia 37 tahun itu baru ketahuan 22 Agustus 2022. Namun pihak sekolah baru melaporkan kejadian ini 25 Agustus 2022 ke Polres Balangan.

Hanya dalam hitungan jam setelah dilaporkan, pelaku mengakui perbuatan itu kepada pihak sekolah, sebelum akhirnya diserahkan ke Polres Balangan.

“Dari olah tempat kejadian, pelaku masuk melalui pintu belakang ke ruang guru,” papar Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, melalui Kasi Humas Ipda Piktrus Purba, Minggu (4/9).

“Oleh karena sudah mengetahui lokasi, pelaku langsung mengambil kunci brankas yang disimpan di rak meja dekat pintu. Selanjutnya pelaku mulai mengambil uang, setelah mereset password brankas tersebut,” imbuhnya.

P sendiri sudah diduga sebagai sosok di balik pencurian brankas tersebut. Penyebabnya sekuriti di SMKN 1 Batumandi, sempat melihat pelaku di lokasi kejadian pada 21 Agustus 2022.

Sementara salah seorang pegawai SMKN 1 Batumandi yang enggan memberikan identitas, membenarkan status P sebagai honorer di sekolah tersebut.

“P memang tenaga honorer di sekolah kami,” jelasnya kepada apahabar.com.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan, P ditahan di Polres Balangan untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Komentar