Relax

Viral Video Gus Samsudin Salah Kutip Ayat Al-Qur’an, Dicap Memalukan!

apahabar.com, JAKARTA – Pimpinan Padepokan Nur Dzat Sejati, Gus Samsudin, kembali menjadi sorotan publik setelah hadir…

Featured-Image
Pimpinan Padepokan Nur Dzat Sejati, Gus Samsudin, kembali jadi sorotan publik setelah hadir di kanal Youtube Denny Sumargo. Foto-Instagram

apahabar.com, JAKARTA – Pimpinan Padepokan Nur Dzat Sejati, Gus Samsudin, kembali menjadi sorotan publik setelah hadir di kanal Youtube Denny Sumargo.

Dalam podcast bermantan atlet basket Tanah Air itu, Samsudin disorot lantaran salah mengutip ayat Al-Qur’an.

Dalam penggaalan video berdurasi 9 detik yang dibagikan akun Instagram @ala_nu, Samsudin menjelaskan kepada Denny Sumargo soal makhluk gaib seperti jin.

Dikatakan oleh Samsudin bahwa Muslim pun mempercayai keberadaan makhluk gaib seperti malaikat ataupun jin. Untuk memperkuat penjelasan, ia mengutip ayat Al-Qur’an dari Surah An-Nas.

“Dalam Al-Qur’an ada yang namanya jin, yaitu di Surah An-Nas yang inti bunyinya bahwa tidak saya ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Allah SWT,” cetus Samsudin.

Ironisnya kutipan arti ayat Al-Qur’an yang dijelaskan Samsudin sangat melenceng. Akun yang membagikan penggelan video podcast Gus Samsudin dan Denny Sumargo itu pun memberikan koreksi.

“Mohon maaf, kesalahan ucap adalah hal yang lumrah, tapi mbok ya jangan parah ta ya, surat annas adalah surat pendek yang banyak dihapal oleh anak kecil dan merekapun tau artinya,” tulis @ala_nu, Sabtu (13/8).

Dijelaskan bahwa ayat Al-Qur’an yang dimaksud Gus Samsudin ialah Surah Adz-Dzaariyaat ayat 56.

“Kalau yang dikutip beliau ini "Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)" adalah surah (QS. Adz-Dzaariyaat: 56),” sambungnya.

“Please, gus yang kami kenal semuanya hafal surat an-nas, mbok ya jangan malu-maluin ta GUS!!” Tegas akun tersebut.

Sontak video ini langsung viral hingga menjadi sorotan warganet. Video Gus Samsudin yang salah mengutip ayat Al-Qur’an bahkan juga dicap sebagai hal yang memalukan.

“Yang berguru sama beliau tentunya malu,” tulis warganet.

“Makin malu aja itu gus dukun,” sanggah warganet lainnya.

Surah An-Nas sendiri berisi anjuran supaya manusia memohon perlindungan kepada Allah terhadap pengaruh hasutan jahat setan yang menyelinap di dalam diri. Surah An-Nas termasuk golongan surat makkiyah terdiri dari 6 ayat.

Komentar