News

Viral Video Aksi Cuci dan Setrika Uang, BI Keluarkan Imbauan

apahabar.com, JAKARTA – Belakangan video aksi mencuci dan setrika uang mendadak viral di sosial media. Hal…

Featured-Image
Belakangan video aksi mencuci dan setrika uang mendadak viral di sosial media. Hal ini rupanya juga mengundang perhatian Bank Indonesia (BI). Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Belakangan video aksi mencuci dan setrika uang mendadak viral di sosial media. Hal ini rupanya juga mengundang perhatian Bank Indonesia (BI).

Erwin Haryono selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, ia mengimbau masyarakat agar menjaga uang lantaran rupiah menjadi salah satu simbol kedaulatan negara.

“Kalau menurut panduan kami di Bank Indonesia ya harus menjaga rupiah karena ini kan lambang kedaulatan juga dan biaya percetakannya mahal. Jadi kalau dicuci dan sampai rusak ya termasuk (tindakan) merusak,” ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (14/4).

“Pada prinsipnya jangan sampai merusak saja, apalagi (biaya) cetaknya itu mahal. Ya memang ada unsur hukum di sana, tapi enggak perlu masuk ke sana ya,” sambungnya.

“Tapi kalau memang sudah rusak banget ya diganti saja gitu ke kantor cabang BI di seluruh Indonesia. Kalau gantinya di BI enggak ada biayanya kok, gratis,” pungkasnya.

Sebelumnya, media sosial Instagram diramaikan dengan sebuah video memperlihatkan aksi seseorang yang tidak diketahui identitasnya mencuci uang untuk keperluan lebaran.

“Biar bocil (anak-anak) seneng dikasih uang baru pas Lebaran,” tulis video tersebut, seperti diunggah @pekalonganinfo, Selasa (12/4).

Tak hanya mencuci, ia juga menjemurnya di sepeda dan menyetrika uang tersebut agar nampak seperti uang baru.

Video itu pun mendadak viral hingga meraup ribuan tanda suka dan beragam komentar dari warganet.

Komentar