Gaya Hidup

Viral Sampo Anti Ketombe Bisa Atasi Jerawat, Benarkah?

Baru-baru ini video tentang mengatasi jerawat dengan sampo anti ketombe mendadak viral di media sosial.

Featured-Image
Viral Sampo Anti Ketombe Bisa Atasi Jerawat. Foto-TikTok

apahabar.com, BANJARMASIN - Baru-baru ini video tentang mengatasi jerawat dengan sampo anti ketombe mendadak viral di media sosial.

Video ini dibuat oleh seorang konten krator TikTok bernama Elyse Myser, ia mengaku berhasil mengatasi masalah kulitnya di wajahnya dengan menggunakan sampo keluaran Head & Shoulder yang dikenal untuk mengatasi ketombe.

"Sebelum kamu menghabiskan banyak uang untuk produk skincare, tahan dulu. Beli saja Head & Shpulder dan cuci wajahmu dengan itu dan lihat apa yang terjadi," ujarnya dalam video tersebut.

"Aku sudah menggunakan versi Walmart dari Head & Shoulders di wajahku sejak aku SMP karena dermatologis mengatakan padaku bahwa zinc dalam sampo ketombe sangat bagus untuk wajahmu. Aku tidak pernah punya masalah dengan kulit, kulitku selalu bersih dan ketika aku berhenti aku mulai berjerawat di bagian dagu," katanya lagi.

@elysemyers

you ever look at a word so long it starts to look like a made up word? my brain started convincing me ‘zinc’ wasn’t the right spelling by the end of editing this. 😂

♬ original sound - Elyse Myers

Elyse menjelaskan bahwa selama tidak cuci muka dengan sampo ia pernah menggunakan banyak produk kecantikan mahal karena sering dikirimi brand-brand. Tapi anehnya tidak ada yang berhasil mengusir jerawatnya seperti pakai sampo anti ketombe.

Postingan yang mendapat lebih dari 1 juta like itu tentu jadi perdebatan. Banyak orang yang terkejut karena baru pertama kali mendengar trik kecantikan itu dan tak sedikit pula yang meragukan.

"Sampo antikotombe baik untuk jerawat fungal tapi gunakan hanya satu atau dua kali seminggu untuk mencegah kulitmu kering," tulis warganet.

"Dokter anakku juga bilang begitu," "Tidak mungkin," sanggah warganet lain.

"Aku berjerawat setiap hari, aku akan coba," ujar lainnya.

Dr. Blair Murphy-Rose mengatakan jika memang benar kandungan zinc dalam sampo anti ketombe bisa diandalkan untuk meredakan jerawat. Tapi menurutnya, ada banyak produk lebih baik yang bisa digunakan.

"Sampo original Head & Shoulders mengandung zinc pyrithione yang mengandung bahan-bahan anti inflamasi. Penelitan menunjukkan zinc bisa membantu mengurangi jerawat. Tapi suplemen zinc punya asosiasi yang lebih kuat daripada zinc topikal jadi tidak jelas seberapa baik zinc menyerap untuk bisa memperbaiki kondisi kulit," kata dokter dilansir NY Post.

Dokter TikTok Dr. Aamna Adel pun ikut angkat bicara. Wanita yang sering wara-wiri di FYP dengan tips kecantikannya itu juga tidak merekomendasikannya untuk semua orang. "Jika kamu punya jerawat fungal mungkin kamu bisa mencoba tapi kalau tidak aku tidak merekomendasikan sebagai opsi pertama untuk kulit yang bersih," pungakasnya.

Editor
Komentar