Video Viral

Viral, Pesan Ustaz Abdul Somad untuk Orang Tua saat Jenguk Anaknya di Pesantren

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebuah video memperlihatkan Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan pesan kepada orang tua yang…

Featured-Image
Pesan Ustaz Abdul Somad untuk Orang Tua saat Jenguk Anaknya di Pesantren. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebuah video memperlihatkan Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan pesan kepada orang tua yang menjenguk anaknya ke pondok pesantren viral di media sosial.

Dikutip melalui akun TikTok @qhyy20, Ustaz Abdul Somad meminta kepada ibu-ibu saat menjenguk sang anak di pesantren tidak dengan uraian air mata tapi menjadi semangatnya.

“Kalau ibu menjenguk anak ini ke pesantren janganlah jenguk dia dengan uraian air mata. Kuatkan semangatnya, kau belajar di sini ya nak, nanti tamat SMP kau masuk aliyah, tamat aliyah kau bisa ke Mesir, kau bisa ke Jepang, kau bisa jadi polisi, kau bisa jadi dokter spesialis, mengalir pahalamu untukmu nak,” kata Ustaz Abdul Somad dikutip, pada Jumat (2/9).

“Jangan menangis, ini ibu baru sampai gerbang (nangis), security yang bingung, nama anaknya buk ? (nangis), ibu jangan meneteskan air mata biar kuat semangat dia,” ujar UAS menjelaskan.

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga menceritakan kisahnya saat belajar di luar negeri dan berpisah dengan sang ibu.

Ia mengatakan sang Ibu tidak pernah memperlihatkan tangisan saat mengantarnya berpisah.

“Begitu mak saya dulu tak pernah dia tangisi saya. Mak aku mau pergi, silahkan. 70 tahun dia, 2017 saya mendaftar S3 ke Sudan, saya tinggal di rumah dengan dia berdua,” tuturnya.

Kemudian UAS pun kembali berfikir apakah dirinya anak angkat karena melihat sang ibu tidak menangis saat dirinya bertahun-tahun menjalani S3 di Mesir.

“Sampai-sampai terlintas dipikiran saya waktu itu di Mesir, ini jangan-jangan kau anak angkat nih. Empat tahun tak jumpa, 98 berangkat 2002 baru pulang,” ungkapnya.

Namun, ibu UAS selama ini hanya menyembunyikan tangisannya agar melihat sang kuat menjadi seorang perantauan.

“Mau putus tangkai jantungku rindu. Gimana caranya mak biar supaya hilang rindu ? Kucari anak-anak tetangga yang hitam macam kau, kubelikan baju baru, kukasih duit hari raya, kubawakan makanan terobati hatiku tapi sesudah kau balik inilah baru kuceritakan,” tuturnya.

Unggahan tersebut, sontak mendapat komentar positif dari warganet.

“Aku selalu seperti itu kalo jenguk anak ke ponpes,” kata akun @ubaymawar

“Iya sih,, tapi hati seorang ibu pasti sedih karena berjauhan dengan anak satu-satunya,” tulis @nuraini.

“Kalo awal-awal pasti sedih pak ustaz, tapi kalo udah 3 bulan baru sudah mulai bisa kuat,” ujar @desmiheryati.

Komentar