Viral BBM Pertalite Diklaim RON 86, Benarkah?

Dari uji ukur RON akun @yo2thok mengklaim, Pertalite yang dijual di SPBU merupakan RON 86.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Media sosial kembali dihebohkan dengan unggahan seseorang yang melakukan uji ukur Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dalam botol.

Berawal dari unggahan foto dari akun @yo2thok, melalui uji ukur dengan alat pengukur RON ia mengklaim bahwa Pertalite yang dijual di SPBU bukanlah RON 90 melainkan RON 86.

"Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air," tulis akun tersebut Sabtu (8/10).

Pernyataan ini pun viral di media sosial, khususnya di Twitter.

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya Pertamina Patra Niaga buka suara. Corporate Secretary, Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON method.

"Di mana seluruh proses pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi," jelasnya seperti dilansir CNBC Indonesia, Minggu (9/10).

Selain itu, ia menyebut bahwa pada gambar tersebut, Pertamina tidak dapat memastikan alat apa yang digunakan orang tersebut dalam pengujian RON.

Jika alat yang digunakan di unggahan adalah Oktan Analyzer Portable, alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala.

Ia menerangkan, selama ini Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) atau Lemigas sudah menguji 6 sample Pertalite di SPBU wilayah Jakarta. Ia memastikan RON yang dihasilkan adalah Pertalite RON 90.

"Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri," pungkasnya.

Editor
Komentar