Hot Borneo

Update DPB Menuju Pemilu 2024: Pemilih Banjar Meningkat!

apahabar.com, MARTAPURA – Jumlah pemilih di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, cenderung meningkat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu)…

Featured-Image
Penandatangan berita acara rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan periode Agustus 2022 di KPU Kabupaten Banjar, Kamis (1/9). Foto-apahabar.com/Hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA - Jumlah pemilih di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, cenderung meningkat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Untuk Agustus 2022 bertambah 14 orang pemilih dari tanggapan masyarakat dan survei lapangan," ucap Komisioner KPU Banjar, Muslihah usai Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Agustus 2022 di Aula KPU Banjar, Kamis (1/9).

Sehingga, kata dia, total calon pemilih saat ini berjumlah  390.435 orang. Angka ini sudah melebihi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020 lalu yakni hanya 389.993 orang.

Pemutakhiran data pemilih, ujar dia, tidak hanya meng-update jumlah data pemilih, namun juga meralat jika ada kekeliruan, misalnya dalam penulisan nama yang salah.

"Ada juga kemarin tiga orang ubah data karena anomali di by name, namanya tidak sesuai. Kemudian kita crosscheck di Disdukcapil, sehingga namanya yang benar sudah dibetulkan," ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa pemutakhiran DPB berlangsung sejak Oktober 2021 sampai nantinya menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kemendagri pada Oktober 2022.

"DP4 itu nantinya akan dipadankan dengan data DPB terakhir sehingga menjadi daftar pemilih. Nah, daftar pemilih ini kemudian dicek lagi ke lapangan, mendatangi setiap rumah pemilih, memastikan kevalidan data," pungkasnya.

Komentar