Relax

Unik Banget! sebelum Ada Uang, Orang Pakai Kerang Jenis Cowry sebagai Alat Pembayaran

apahabar.com, JAKARTA – Saat mendengar kata kerang, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran adalah makanan….

Featured-Image
Kerang cowry jadi alat pembayaran di masa silam (Foto: Amazon)

apahabar.com, JAKARTA - Saat mendengar kata kerang, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran adalah makanan. Tapi tahukah kalau ternyata nenek moyang kita menjadikan kerang sebagai alat pembayaran?

Sebelum hadirnya uang kertas yang digunakan untuk melakukan transaksi jual-beli seperti yang digunakan sekarang, cangkang kerang pernah mengambil peran tersebut.

Mengutip dari citeco.fr, Ingrid Van Damme dari Museum Bank Nasional Belgia menjelaskan kalau kulit kerang pada masa lalu pernah digunakan sebagai alat pemabayaran dan dianggap sebagai simbol kekayaan serta kekuasaan.

Jenis Kerang yang Digunakan

Ternyata tidak semua cangkang dari kerang dapat digunakan untuk alat pemabayaran, Saat itu hanya cangkang dari kerang cowrie jenis cypreae moneta dan cypraea annulus yang bisa dijadikan alat tukar.

Salah satu alasan kenapa kerang ini yang digunakan adalah karena daya tahannya yang cukup kuat, kenyamanan dan mudah diidentifikasi.

Secara fisik, Jenis dari kerang ini juga memiliki bentuk dan ukuran yang relatif sama sehingga mudah untuk dihitung untuk menentukan nilai pembayaran.

HALAMAN
12
Komentar