Dinas PUPR Kalsel

Tugu Nol Kilometer Banjarmasin, PUPR Siapkan Amdal

apahabar.com, BANJARMASIN – Pembangunan Tugu Nol di Kota Banjarmasin terus digenjot pemerintah. Teranyar, Dinas Pekerjaan Umum…

Featured-Image
Sketsa Tugu Nol Kilometer. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pembangunan Tugu Nol di Kota Banjarmasin terus digenjot pemerintah.

Teranyar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel sedang mempersiapkan analisis dampak lingkungan atau Amdal.

Hal tersebut terlihat dari pengumuman terkait yang dikeluarkan oleh Dinas PUPR Kalsel. Dijelaskan, penyusunan Amdal akan melibatkan langsung masyarakat terdampak pembangunan.

Maka diberikan kesempatan kepada masyarakat yang terkena dampak, para pemerhati lingkungan, dan masyarakat yang terpengaruh atas segala keputusan dalam proses Amdal untuk dapat menyampaikan saran, pendapat dan tanggapan (SPT).

“SPT sebagai bahan kajian dalam proses penyusunan dokumen Amdal,” ujar Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan, dalam bunyi pengumuman resmi Dinas PUPR Kalsel, 18 Mei 2022.

Adapun batas waktu penyampaian SPT adalah 10 hari kerja terhitung sejak pengumuman ini diterbitkan. Saran dan pendapat dapat disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup maupun Dinas PUPR Banjarmasin.

Sebagai pengingat, Tugu Nol Kilometer di kawasan bekas Kegubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, merupakan impian Gubernur Sahbirin Noor.

Sayembara Taman Nol Kilometer, secara terbuka dan nasional diikuti 28 peserta pada Juli-Agustus 2017 silam.

Pemenangnya para alumnus dan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, dengan tinggi menara sampai 135 meter, berdasar penilaian tim juri dan Gubernur H Sahbirin Noor.

Proyek fantastis ini diperkirakan menelan biaya Rp300 miliar lebih. Monumen Tugu Nol Kilometer diproyeksikan akan menjadi pusat atraksi utama di ruang terbuka hijau (RTH) kawasan eks Kegubernuran Kalsel.

Komentar