News

Tuding Jokowi Berijazah Palsu, Gelar dr Tifa Malah Tidak Diakui Kampus

Menuding Jokowi berijazah palsu, dr Tifa justru malah kena getahnya.

Featured-Image
dr Tifa. Foto-Twitter

apahabar.com, BANJARMASIN - Menuding Presiden RI, Ir Joko Widodo berijazah palsu, dr Tifa justru malah kena getahnya.

Belakangan dokter yang dikabarkan merupakan lulusan program S3 sekolah tinggi filsafat ini memang senter membahas status ijazah Jokowi.

Namun, kini tuduhan tersebut telah dipatahkan, dan malah gelar dr Tifa lah yang tidak diakui kampus.

Ketua Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (IKAD) Yustinus Prastowo meneruskan pengumuman pengurus STF Driyarkara yang membantah bahwa dr. Tifauzia Tyassuma adalah lulusan program S3 atau Doktor dari sekolah tinggi filsafat yang terletak di Rawasari, Jakarta Timur tersebut.

“Saya sebagai Ketua Ikatan Alumni STF Driyarkara (IKAD) meneruskan pengumuman pengurus STF Driyarkara. Saudari [email protected]? bukan lulusan Program Doktor STF Driyarkara sebagaimana diberitakan beberapa media,” tulis Yustinus Prastowo di akun twitternya @prastow dikutip apahabar.com, Rabu (12/10).

Yustinus menjelaskan, Dokter Tifa memang sempat mengikuti Program Matrikulasi di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, namun yang bersangkutan hingga kini tak pernah menyelesaikan studinya.

“Ybs pernah ikut Program Matrikulasi dan tidak selesai. Tks,” imbuhnya.

Sebelumnya diketahui, Dokter Tifa baru-baru ini bikin geger publik dengan pernyataan kontroversialnya yang menuding Jokowi bukan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dia mengklaim ijazah Jokowi adalah palsu dengan membandingkan wajah pada foto wisudanya dengan foto terbaru. Kemudian ia pun mengambil kesimpulan bahwa foto tersebut adalah dua orang berbeda, atau dengan kata lain, foto wisuda itu bukan sosok Jokowi.

Namun pernyataan itu dibantah oleh Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ova Emilia, ia menyatakan bahwa ijazah Presiden Joko Widodo sebagai lulusan Fakultas Kehutanan UGM adalah asli.

"Atas data dan informasi yang kami miliki, dan terdokumentasi dengan baik, kami meyakini mengenai keaslian ijazah sarjana (S1) Ir. Joko Widodo dan yang bersangkutan memang lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada," ujar Ova Emilia seperti dilansir kilat.com, Selasa (11/10).

Presiden Jokowi, tercatat sebagai alumni Prodi S1 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada angkatan tahun 1980.

"Dinyatakan lulus UGM tahun 1985 sesuai ketentuan dan bukti kelulusan berdasarkan dokumen yang kami miliki," terang Ova.

Editor
Komentar