Pemkab Tabalong

Pemkab Tabalong Dukung Penuh TMMD ke-115 di Tanta

TMMD ke-115 akan dilaksanakan Kodim 1008/Tabalong pada bulan Oktober ini

Featured-Image
Wabup Mawardi bersama Dandim 1008/Tabalong dan Ketua DPRD saat mengikuti video conference Rakornas TMMD. Foto-Kodim 1008/Tabalong.

apahabar.com, TANJUNG -  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 akan dilaksanakan Kodim 1008/Tabalong pada bulan Oktober ini.

Kegiatannya di antaranya membangun jalan yang menghubungkan Desa Pamarangan Kanan dengan Murung Baru di wilayah Kecamatan Tanta.

Pembangunan jalan tersebut dikarenakan jalan lama longsor, sehingga dipindah ke jalan yang akan dibangun melalui TMMD ini.

Terkait kegiatan tersebut, Pemkab Tabalong mendukung penuh pelaksanaannya.

"Kita sangat mendukung kegiatan TMMD ini dari awal perencanaan sampai nanti pada saat pelaksanaan," kata Wabup Tabalong H Mawardi, usai mengikuti video conference Rakornas TMMD ke 115 di ruang Vicon Kodim 1008/Tabalong, Kamis (29/9).

Kata Mawardi, Pemkab Tabalong telah mengucurkan dana lewat APBD 2022 sebesar Rp1,5 miliar untuk pelaksanaan TMMD tersebut.

"Dana itu untuk mendukung pembangunan jalan Desa Pamarangan Kanan dan Murung Baru, sepanjang 1,2 kilometer, serta pembuatan beberapa gorong-gorong dan box culvert," ungkapnya.

Terkait kegiatan tersebut, Mawardi, meminta masyarakat juga mendukungnya.

“Mari kita dukung bersama-sama TMMD ke-115 ini karena manfaatnya langsung dirasakan masyarakat," ajaknya.

Mawardi  mengapresiasi TNI yang telah memberikan fasilitas untuk membantu Pemkab Tabalong dalam membangun jalan dan jembatan di Desa Pamarangan Kanan hingga ke Desa Murung Baru.

"Kegiatan ini sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat di Tabalong, sehingga  wilayah yang terisolir bisa terbuka," ucapnya.

"Otomatis masyarakat nantinya bisa membawa hasil pertanian dan perkebunannya dengan mudah karena telah dibangunnya jalan dan jembatan yang difasilitasi oleh TMMD," sambungnya.

Sementara itu, Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto, menjelaskan  pelaksanaan TMMD ini akan dilaksanakan dari 11 Oktober sampai 11 November 2022 di wilayah Kecamatan Tanta.

Dipilihnya lokasi tersebut karena jalan desa mengalami longsor sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam melaksanakan aktifitas pertanian dan perkebunan.

"Panjang jalan 1,2 kilometer dengan lebar 6 meter," ungkap Catur.

Selain pembangunan jalan ada juga  pembangunan lima gorong-gorong dan satu jembatan box culvert.

"Kita juga akan melakukan sejumlah rehab rumah tidak layak huni dan membantu rehab mushola serta pos kamling di sekitarnya,” ungkap Catur.

"Termasuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan dari kepolisian, pemerintah daerah, dinas kesehatan, dinas pendidikan dan unsur terkait sehingga dalam pelaksanaan TMMD ini akan bersinergi dan bersatu padu guna memajukan wilayah Tabalong," imbuhnya.

Editor
Komentar