News

Tips Agar Kendaraan Tidak Mudah Terbakar, Nomor 5 Sering Diabaikan

apahabar.com, JAKARTA – Saat ini ada banyak fenomena mobil terbakar, baik itu ketika dikendarai atau dalam…

Featured-Image
Mobil sering terbakar, begini tips mencegahnya. (Foto: dok. carroid)

apahabar.com, JAKARTA – Saat ini ada banyak fenomena mobil terbakar, baik itu ketika dikendarai atau dalam keadaan terparkir .

Banyak yang mengatakan pemicu terbakarnya mobil, dikarenakan konsletnya arus listrik pada kendaraan.

Riecky Patrayudha, 4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales menanggapi hal penyebab terjadinya mobil terbakar dan memberikan tips mencegahnya.

“Saat pemasangan komponen listrik pada mobil sudah didesain sedemikian mungkin dan dilakukan uji coba, baik dari keselamatannya bahkan sampai tenaga mesin agar tidak menimbulkan terbaraknya kendaraan” kata Riecky beberapa hari lalu dikutip, Kamis (22/9).

Untuk itu, Riecky juga memberikan beberapa tips mencegah terbakarnya mobil.

Rutin mengecek ruang mesin

Ketika selesai membersihkan mobil usahakan kembali periksa ruang mesin dengan teliti. Pastikan tidak ada kain lap, atau material lainnya yang mudah terbakar tertinggi di ruang mesin. Bisa menyebabkan mobil terbakar

Tutup Oli

Pastikan tutup oli terpasang rapat, karena besar kemungkinan cipratan oli menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api .

Hati-hati Menginstalasi Kabel

Saat memasang aksesori kelistrikan, dianjurkan untuk menggunakan sekring sebagai pengaman, karena apabila tidak kabel berpotensi meleleh dan menyebabkan mobil terbakar.

Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik (baterai/aki) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan percikan api.

Jangan Tinggalkan Powerbank

Jika ingin meninggalkan mobil dalam waktu sebentar maupun lama, pastikan tidak meninggalkan powerbank dalam kondisi sedang dicolok ke soket. Risiko konsleting dan berpotensi meledak.

Hindari Penggantian Lampu

Tidak dianjurkan mengganti bohlam untuk headlamp atau foglamp dengan watt yang lebih besar atau menggunakan produk after market yang tidak resmi.

Kapasitas watt yang lebih besar dari standar dapat menyebabkan aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas yang bisa mengakibatkan mobil terbakar.

Jadi itu lah beberapa tips agara kendaraan kamu tidak mudah terbakar, Kamu juga bisa konsultasi pada pihak bengkel resmi jika ingin melakukan modifikasi yang mengubah sistem kelistrikan.

Komentar