Sport

Tanpa Dayung, HSS Umumkan 37 Cabang Olahraga di Porprov XI Kalsel

apahabar.com, KANDANGAN – Sekian lama dinanti, KONI Hulu Sungai Selatan (HSS) mengumumkan cabang olahraga yang akan…

Featured-Image
Pelaksanaan rapat pleno persiapan Porprov XI Kalsel yang diselenggarakan KONI di Aula Dinas PUTR HSS. Foto: Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Sekian lama dinanti, KONI Hulu Sungai Selatan (HSS) mengumumkan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porprov XI Kalimantan Selatan 2022.

Dalam rapat pleno KONI HSS, Jumat (26/8), diputuskan bahwa Porprov XI mempertandingkan 37 cabang olahraga. Adapun pelaksanaan dijadwalkan 5 sampai 13 November 2022.

Diketahui jumlah tersebut membengkak dari ketetapan KONI HSS sebelumnya. Atas berbagai pertimbangan, mereka hanya menempatkan 28 cabang olahraga dalam daftar sementara.

Adapun dalam Rakonprov KONI Kalsel yang berlangsung pertengahan 2020, disepakati bahwa Porprov XI mempertandingkan 38 cabang olahraga.

“Kami memastikan tidak ada penambahan lagi,” tegas Sekretaris KONI Kabupaten HSS, Mahyuni, kepada apahabar,com, Sabtu (27/8).

Dari 37 cabang olahraga, dayung tidak dipertandingkan di Porprov HSS. Sebelumnya sejumlah daerah mendesak agar olahraga yang mengusung kearifan banua ini tetap dipertandingkan.

“Penyebabnya mustahil dalam waktu singkat mempersiapkan segalanya mulai teknis pembukaan, pertandingan hingga penutupan,” imbuhnya.

Untuk menanggung pembiayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel telah menganggarkan Rp10 miliar.Sedangkan HSS selaku tuan rumah, menganggarkan Rp6 miliar yang meliputi persiapan venue, serta kegiatan pembukaan maupun penutupan Porprov XI.

“Dari sekian venue, hanya lapangan bola voli yang belum finishing. Sebelumnya Wabup Syamsuri Arsyad sudah memberikan target agar pekerjaan selesai 1 bulan,” jelas Mahyuni.

Kemudian salah satu kendala yang masih menjadi perhatian KONI HSS adalah medali. Diketahui pengadaan medali baru dianggarkan dalam APBD Perubahan 2022.

“Oleh karena akan membutuhkan waktu, kami meminta rekomendasi Pemprov Kalsel untuk menyikapi kendala tersebut,” tukas Mahyuni.

Adapun masalah keamanan, penyelenggara telah berkoordinasi dengan Polres HSS, Kodim 1003/HSS, Satpol PP dan Damkar HSS. Juga Kejaksaan Negeri HSS dalam pendampingan.

“Kami berharap Porprov XI Kalsel sukses penyelenggaraan, prestasi dan administrasi pelapor keuangan. Mudah-mudahan juga akan lahir bibit-bibit atlet berkualitas,” harap Mahyuni.

“Kami juga membutuhkan dukungan KONI kabupaten/kota di Kalsel. Bagaimanapun tidak mudah menyelenggarakan Porprov di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya.

Berikut 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porprov XI Kalsel 2022:

1. Atletik2. Bola Basket3. Voli Indoor dan Voli Pasir4. Renang dan Loncat Indah5. Sepak Bola6. Sepak Takraw7. Pencak Silat8. Karate9. Dance Sport10. Binaraga11. Angkat Berat12. Angkat Besi13. Bulu Tangkis14. Tenis Lapangan15. Panahan16. Gulat17. Tenis Meja18. Senam19. Panjat Tebing20. Futsal21. Arung Jeram22. Anggar23. Balap Sepeda24. Hapkido25. Muaythai26. Baseball/Softball27. E-sport28. Sambo29. Aeromodelling30. Catur31. Kempo32. Bridge33. Pentaque34. Menembak35. Tinju36. Balap Motor37. Judo

Komentar