Relax

Tagihan Naik? Coba Tips Sederhana Ini untuk Berhemat Listrik

apahabar.com, JAKARTA – Listrik menjadi kebutuhan vital bagi semua orang di era modern, karena seluruh aktifitas…

Featured-Image
Ilustrasi menghemat penggunaan listrik skala rumahan (Foto: do.snopback)

apahabar.com, JAKARTA - Listrik menjadi kebutuhan vital bagi semua orang di era modern, karena seluruh aktifitas manusia ditunjang oleh listrik.

Sebut saja dari yang paling sering digunakan seperti smartphone, laptop, mesin cuci, lampu, reskuker, setrika, sampai TV. Tanpa alat-alat tersebut, maka praktis banyak aktivitas keseharian yang terhambat.

Banyaknya perangkat yang menggunakan energi listrik, tentunya bakal sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk itu berikut tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya listrik.

1. Cabut kabel dari stop kontak

Biasanya setelah menggunakan alat elektronik, kebanyakan orang hanya akan mematikan perangkatnya saja, tanpa mencabut kabelnya dari stop kontak.

Tanpa disadari ternyata kabel yang masih terhubung tersebut tetap mengalirkan arus listrik, dan membuat listrik terbuang secara percuma.

2. Ganti dengan lampu LED

Masih banyak orang belum mau bermigrasi untuk menggunakan lampu LED, dikarenakan harganya yang sedikit lebih mahal.

Padahal lampu LED bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang dan hemat daya sehingga untuk konsumsinya listriknya bisa jauh lebih rendah.

3. Matikan alat elektronik yang tidak terpakai

Tidak jarang ketika di rumah pada siang hari, beberapa alat elektronik tetap menyala meski sedang tidak sangat diperlukan. Untuk itu jangan malas untuk mematikan perangkat elektronik tersebut.

4. Pasang timer untuk AC

Ketika ingin tidur biasanya wajib menyalakan AC demi mendapatkan kesejukan ruangan, namun kesejukan tersebut sebetulnya bisa bertahan cukup lama ketika memang berada di ruangan tertutup.

Dengan memasang timer, AC bisa mati lebih awal sehingga penggunaan listrik dapat lebih hemat.

5. Atur ventilasi dan pencahayaan ruangan

Sebetulnya langkah ini sangat baik jika sudah mulai dipikirkan saat proses membangun rumah. Ruangan yang mendapat pencahayaan cukup dari sinar matahari, maka secara otomatis tidak memerlukan banyak lampu.

Demikian juga dengan letak ventilasi yang tepat, menjadikan ruangan lebih sejuk walau tanpa menggunakan kipas angin atau AC.

Dengan melakukan usaha-usaha di atas, bisa dipastikan bakal mengubah daya penggunaannya dan tagihan listrik pun bisa terkontrol. Selamat mencoba!

Komentar