News

Survei 6 dari 10 Anak Muda Miliki Kesadaran Perubahan Iklim Disebabkan Manusia

apahabar.com, JAKARTA – Survei yang pernah dilakukan oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia bekerja sama dengan Yayasan…

Featured-Image
Ilustrasi kepedulian anak muda terhadap perubahan iklim. Foto: Forestdigest.com

apahabar.com, JAKARTA - Survei yang pernah dilakukan oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Cerah Indonesia, kepada anak muda berusia 17 sampai 35 tahun mengenai pandangan mereka terhadap perubahan iklim.

"Hasilnya menunjukkan bahwa 6 dari 10 anak muda memahami bahwa perubahan iklim terjadi sebagai akibat dari aktivitas manusia dan manusia perlu melakukan tindakan untuk menanggulangi permasalahan ini," ucap Kepala Departemen Lingkungan Hidup BEM UI 2022, Kevin Wisnumurthi Adhi Nugroho saat diskusi daring, Kamis (18/8).

Kevin memaparkan hasil survei bahwa 82 persen anak muda pernah mendengar tentang perubahan iklim, kelompok umur 17 tahun sampai 26 tahun lebih tinggi kesadarannya terhadap perubahan iklim dibandingkan kelompok usia 27 tahun sampai 35 tahun.

"Jadi anak muda bukan kita apatis bukan kita tidak peduli pada permasalahan ini tapi kita sudah peduli pada permasalahan ini," terang Kevin.

Di data berikutnya, kata Kevin, masih dari survei yang sama menunjukkan bahwa isu lingkungan seperti degradasi lingkungan dan perubahan iklim ini menjadi isu yang dipedulikan oleh anak muda khususnya perubahan iklim sudah terbangun.

Menurutnya para generasi muda sadar bahwa aktivitas manusia didorong oleh pandangan yang antroprosentif yaitu menganggap bahwa manusia berada di atas segalanya, manusia adalah pusat alam semesta sehingga apapun bisa di eksploitasi

"Hal ini pandangan ini yg bisa merusak lingkungan mengakibatkan perubahan iklim kita anak muda sudah tau mengenai hal tersebut, yang jadi permasalahan adalah, kita perduli, kita tahu bahwa perubahan iklim ini perlu di tangani sesegera mungkin," pungkasnya. (Resti)

Komentar