Nasional

Sosok Sukanto Tanoto, Konglomerat Penguasa Lahan Ibu Kota Baru RI

apahabar.com, JAKARTA – Belakangan, nama Sukanto Tanoto mewarnai pemberitaan seputar lahan ibu kota baru Indonesia. Melalui…

Featured-Image
Konglomerat Sukanto Tanoto. Foto: Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Belakangan, nama Sukanto Tanoto mewarnai pemberitaan seputar lahan ibu kota baru Indonesia.

Melalui PT ITCI, Sukanto disebut menguasai 6.000 hektar lahan di Kaltim.

Berikut ini sosok Sukanto Tanoto, dikutip apahabar.com dari Detik:

1. Pengusaha Asal Medan

Sukanto Tanoto merupakan pengusaha asal Belawan, Medan. Ia memulai bisnisnya pada 1967 di bidang pemasok suku cadang dan pengusaha di bidang jasa konstruksi untuk industri minyak.

2. Keluarga

Pria yang lahir pada tahun 1949 ini menikah dengan Tinah Bingei. Dari pernikahannya, Sukanto Tanoto dikaruniai empat orang anak, yaitu Andre Tanoto, Imelda Tanoto, Belinda Tanoto, dan Anderson Tanoto.

3. Punya Perusahaan di Singapura

Pada 1973, Sukanto Tanoto mulai mendirikan Royal Golden Eagle (RGE) yang bergerak di bidang kayu lapis, pulp dan kertas, minyak kelapa sawit, hingga pengembangan sumber daya energi. Perusahaan ini kini berkantor pusat di Singapura.

4. Berharta Rp19,7 T

Berdasarkan data Forbes 2019, Sukanto Tanoto memiliki harta sebanyak US$ 1,4 miliar atau setara dengan Rp 19,7 triliun. Pada 2014 ia juga pernah menjadi orang terkaya di Singapura dengan kekayaan mencapai Rp 27,6 triliun.

5. Aktif Sosial

Sukanto Tanoto juga aktif dalam kehidupan sosial. Terbukti ia mendirikan organisasi filantropi bernama Tanoto Foundation. Ia mendirikan organisasi itu bersama sang istri pada tahun 1981 untuk bidang pendidikan.

Baca Juga: Lihat Fakta Harta Miliaran Milik Menpora Imam Nahrawi

Baca Juga: Menpora Imam Nahrawi Katakan Akan Patuh Terhadap Masalah Hukum

Editor: Fariz Fadhillah

Komentar