News

Songsong Muktamar ke-48, Muhammadiyah Akan Gelar Gowes Virtual

apahabar.com, JAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menggelar “Gowes Virtual Muktamaride” sebagai rangkaian kegiatan menyongsong pelaksanaan Muktamar…

Featured-Image
Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menggelar Gowes Virtual Muktamaride sebagai rangkaian kegiatan menyongsong pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada 7 Oktober hingga 5 November. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menggelar “Gowes Virtual Muktamaride” sebagai rangkaian kegiatanmenyongsong pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan digelar pada 7 Oktober hingga 5 November.

“Gowes virtual ini tak hanya diikuti oleh peserta dari dalam negeri juga luar negeri,” ujar Panitia Muktamaride Rifqi Fauzi, dilansir dari Antara, Jumat (26/8).

Muktamaride merupakan kegiatan bersepeda virtual yang diselenggarakan dengan konsep hybrid cycling. Konsep ini mengkombinasikan bersepeda secara terbatas dalam kelompok kecil dan rute yang berbeda selama periode waktu yang ditentukan.

Rifqi mengatakan Muktamaride menjadi ajang gowes pertama yang tidak ada batasan peserta dan juga dengan cakupan luas yakni bisa diikuti peserta nasional maupun mancanegara.

Nantinya, para peserta secara serentak harus menyelesaikan rute minimal 48 kilometer dan berfoto di ikon-ikon Muhammadiyah atau ikon daerah setempat. Mereka kemudian harus mengunggah foto tersebut di akun media sosial dengan tagar yang ditentukan. Pemenang akan dipilih sesuai kriteria panitia.

Untuk dapat mengikuti ajang ini, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi seperti melakukan pendaftaran kelompok dengan jumlah peserta tiga atau maksimal lima orang pada laman muktamaride.com.

“Pendaftaran ini cukup dilakukan satu orang saja yang menjadi wakil kelompok, dan pendaftaran baru akan di buka pada 1 September,” katanya.

Peserta membayar uang pendaftaran. Terdapat dua paket yang ditawarkan yakni paket A Rp100.000 dan paket B Rp50 ribu. Para peserta kemudian akan diberikan Ride Pack.

Peserta juga wajib bergabung dalam group Strava Muktamaride dengan cara mengunduh aplikasi Strava. Aplikasi ini dapat melacak jarak yang telah ditempuh para peserta.

Puncak Muktamaride akan dilaksanakan pada 6 November 2022 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ia berharap dapat menjaring 4.800 pesepeda pada puncak penyelenggaraan nanti.

Komentar