Gaya Hidup

Simak, 5 Amalan Saat Turun Hujan Menurut Ajaran Rasulullah!

Turunnya hujan seringkali dijadikan momen untuk mengingat kenangan masa lalu, dan juga kerap kali membuat seseorang menjadi galau mendadak ketika hujan.

Featured-Image
Amalan yang Diajarkan Rasulullah Ketika Turun Hujan. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Turunnya hujan seringkali dijadikan momen untuk mengingat kenangan masa lalu, dan juga kerap kali membuat seseorang menjadi galau mendadak ketika hujan.

Padahal, saat hujan ada banyak berkah yang turun ke bumi. Sehingga, kamu patut merasa senang ketika turun hujan. Terutama untuk para umat Islam.

Tak terhitung seberapa banyak nikmat dan berkah yang diberikan Allah SWT.

Salah satu keberkahan Allah yang bisa kita rasakan adalah turunnya hujan. Fenomena alam ini adalah hal yang patut disyukuri. Melalui hujan, setiap makhluk di bumi bisa mendapatkan air sebagai sumber kehidupan.

Lantas apa saja amalan yang diajarkan Rasulullah saat turun hujan? Simak di sini.

1. Bersyukur

Mengucap syukur merupakan salah satu sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad ketika turun hujan.

Ucapan syukur pun termasuk doa agar kebaikan dan keberkahan bisa bertambah.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau berkata:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan 'Allahumma shoyyiban nafi'an' (Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat).

2. Mengambil Berkah

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengambil berkah saat turun hujan. Hal itu dilakukan dengan menyingkap bajunya hingga terguyur air hujan.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata:

"Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu Rasulullah menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?' Kemudian, Rasulullah bersabda 'Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan."

3. Tidak Mencela Hujan

Mencela merupakan salah satu larangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, termasuk pada turunnya hujan. Berdasarkan Alquran surat Qaaf ayat 18, Allah berfirman:

"Maa yalfizu ming qaulin illaa ladaihi raqiibun 'atiid."

Artinya:

"Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."

Selain itu, larangan mencela hujan juga berdasarkan hadist Rasulullah yakni sebagai berikut:

"Janganlah kamu mencaci maki angin." Artinya, mencaci maki makhluk yang tidak dapat berbuat apa-apa, termasuk hujan merupakan hal terlarang.

Daripada mencela, ada baiknya memanjatkan doa turun hujan seperti yang dilakukan Rasulullah."

4. Berwudhu dengan Air Hujan

Dari Yazid bin Al Hadi, apabila air yang deras mengalir, Nabi SAW mengatakan:

"Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci. Kemudian kami bersuci dengan air tersebut dan memuji Allah atas nikmat ini."

5. Kembali Bersyukur ketika Hujan Reda

Setelah hujan reda, ada baiknya seseorang mengucap syukur kembali kepada Allah SWT. Hal itu dilakukan agar meningkatkan iman seseorang terhadap kekuasaan Allah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu, dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhilahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang."

Editor
Komentar