traveling

Simak, 4 Tips Berikut Bisa Menjaga Keuangan Tetap Aman Pasca Liburan

Liburan menjadi pilihan untuk refreshing menghilangkan rasa penat setelah lama bekerja, apalagi yang sebentar lagi akan menyambut akhir tahun 2022.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Liburan menjadi pilihan untuk refreshing menghilangkan rasa penat setelah lama bekerja, apalagi yang sebentar lagi akan menyambut akhir tahun 2022. Dengan pelonggaran kebijakan pemerintah pasca pandemi, daerah-daerah wisata pun kembali dibuka.

Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life (PT Asuransi Jiwa Astra), Windy Riswantyo mengatakan, dalam merancang rencana liburan, harus lebih bijaksana, agar keuangan tidak menipis setelah liburan .

"Termasuk dalam mengelola dana travelling agar tidak mengganggu pos dana untuk kebutuhan lainnya, sehingga tetap tenang setelah travelling usai," ungkap Windy seperti dilansir dari laman Astra.

Untuk itu ia membagikan 4 tips agar perencanaa keuangan agar isi dompet tidak menipis pasca liburan:

1. Alokasi Anggaran dan Susun Rencana Perjalanan

Agar tidak tercampur dengan keuangan lainnya. Pastikan dana traveling sudah disiapkan agar tidak mengganggu keuangan lainnya. Jika sudah dipikirkan akan travelling dari jauh hari, menabung jadi cara awal yang direkomendasikan.

Setelah anggaran disiapkan, susun rencana perjalanan jadi suatu kewajiban agar liburan semakin aman dan nyaman, terutama soal dana yang sudah dialokasikan. Tentukan kota serta destinasi mana yang akan dikunjungi sesuai dengan minat agar tidak merasa bosan.

Agar alokasi dana masih sesuai rencana, tidak semua destinasi harus dikunjungi. Tentukan prioritas destinasi agar tidak kehabisan waktu jika terjadi kendala di tengah perjalanan. Rencanakan menginap di dekat destinasi wisata agar tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya hanya untuk perjalanan.

2. Pilih Destinasi Wisata dan Promo Akomodasi dari Jauh Hari

Untuk mencari destinasi wisata dengan harga terjangkau, lakukan riset terlebih dahulu. Yakni melihat berbagai promo-promo liburan seperti tiket transportasi, penginapan, dan lain-lain.

Berkunjung ke pameran travel juga jadi cara agar bisa mendapatkan promo hingga ide destinasi wisata.

3. Catat dan Update Keuangan Harian Selama Perjalanan

Agar perjalanan liburan tetap aman dan terkendali, lakukan pembukuan keuangan harian pribadi selama traveling. Siapkan template catatan di ponsel atau buku saku yang mudah dibawa agar catatan pengeluaran dapat terus di-update.

Setelah travelling, terus lakukan update pengeluaran harian. Sebab setiap pengeluaran yang dilakukan, sekecil apapun pengeluaran tersebut, sangat penting dan berpengaruh dengan kondisi manajemen keuangan.

4. Pastikan Punya Dana Darurat dan Proteksi.

Dalam setiap manajemen keuangan sangat penting untuk menyisihkan beberapa persen dari jumlah gaji yang didapatkan untuk disimpan sebagai dana darurat.

Dana darurat merupakan uang khusus disiapkan untuk kondisi darurat. Kegunaan dana darurat untuk menutupi dan membayarkan kondisi darurat yang memerlukan biaya.

Selain dana darurat, pastikan sudah punya proteksi untuk diri sendiri sebelum travelling.

Sebab, liburan di tempat baru juga memiliki risiko, salah satunya seperti terjadi kecelakaan di perjalanan atau sebagai jaga-jaga pada saat jatuh sakit ketika sedang travelling.

Editor
Komentar