News

Senin Depan, BLT Subsidi Gaji Tahap I Cair ke Pemilik Rekening Ini

apahabar.com, JAKARTA – Mulai Senin 12 September 2022, Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji…

Featured-Image
Ilustrasi, Bantuan Langsung Tunai (BLT). Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Mulai Senin 12 September 2022, Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji 2022 bisa diambil. Untuk tahap pertama, BLT subsidi gaji cair ke pemilik rekening Bank Himbara.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, pada tahap pertama bisa diambil untuk 4,36 juta pekerja mulai Senin sesuai operasional Bank Himbara.

“Saya mengingatkan bahwa tahap pertama ini untuk penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara,” ujarnya, dilansir okezone.com, Sabtu (10/9).

Sebenarnya, pada tahap awal Kemnaker menerima data 5,09 juta calon penerima BSU 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan. Namun setelah melakukan verifikasi dan pemadanan data penyaluran tahap pertama, terdapat 4,36 juta pekerja yang ditetapkan sebagai penerima BSU tahap pertama.

Oleh karena itu, Kemnaker pun telah memproses pencairan dana subsidi gaji tahap pertama bagi 4,36 juta pekerja atau buruh dengan anggaran Rp2,61 triliun.

“Dana tersebut diteruskan kepada Bank Himbara selaku bank penyalur melalui KPPN untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama,” jelasnya.

Sebagai informasi, penyaluran BSU tidak hanya melalui rekening Bank Himbara, tetapi dengan metode lain. Penyaluran BSU juga melalui PT Pos Indonesia. Hal tersebut memungkinkan penerima BSU bisa mengambil bantuan melalui Indomaret yang sudah bermitra dengan Pos Indonesia.

“Ada 3 pos untuk ambil BSU ini jadi mereka (Pos Indonesia) punya kerja sama dengan Indomaret dan ATM BCA kami transferkan ke PT Pos. Nah dari PT Pos menginfokan ke penerima BSU,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal PHI Jamsos, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Surya Lukita Warman.

Sehingga bagi pekerja yang tak punya rekening bank BUMN, BLT subsidi gaji akan ditransfer melalui Pos Indonesia atau bisa diambil melalui mitra Pos Indonesia.

“Jadi penerima BSU tinggal datang ke Indomaret, kantor Pos terdekat atau ke ATM BCA," sambungnya.

Komentar