Pemkab Tapin

Sempat Tertunda Gegara Covid-19, Event Ruai Rindu Meratus Kembali Digelar

Kenalkan Budaya dan objek wisata, para pemuda Tapin gelar acara Ruai Rindu Meratus di momen Hari Sumpah Pemuda

apahabar.com, RANTAU - Kenalkan Budaya dan objek wisata, para pemuda Tapin gelar acara Ruai Rindu Meratus di momen Hari Sumpah Pemuda, Senin (24/10).

Ketua Tim Ruai Rindu Meratus, Hendra Gunawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar pada 29-30 Oktober di kawasan Bendungan Tapin.

"Ini merupakan acara kedua yang kita gelar, sempat beberapa tahun tertunda karena pandemi Covid-19. InsyaAllah akan menjadi acara tahunan kita," ujarnya.

Pria akrab dipanggil Ogun ini menjelaskan, dalam event kedua kali ini pihaknya mengambil tema "The spirit of new era" dengan maksud menyatukan kembali semangat pemuda di era baru, karena sempat dilanda pandemi Covid-19.

"Acara inti dalam kegiatan tersebut yaitu peringatan upacara sumpah pemuda. Selebihnya, ada camping ground, tampilan seni budaya, bazar UMKM lokal Tapin, dan turut dihadiri seorang bintang tamu ternama di Indonesia Uyau Moris," jelasnya.

Adapun tujuan dalam ini untuk memperkenalkan sektor pariwisata di Tapin dan mendorong perekonomian masyarakat sekitar Bendungan Tapin.

"Selain itu juga untuk menanam rasa satu kesatuan antar pemuda, cinta alam hingga cinta seni budaya lokal," tutur Ogun.

Sementara, Bupati Tapin HM Arifin Arpan mendukung penuh kegiatan Ruai Rindu Meratus ini dan berjanji akan berhadir dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat bagus, apa lagi dipusatkan di Bendungan Tapin yang sudah diresmikan bapak Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Peringatan Sumpah Pemuda yang dikemas apik oleh pemuda Tapin ini, selaras dengan misi pembuatan bendungan, salah satunya di sektor pariwisata.

Bupati mengatakan bahwa dalam konsep acara juga bagus, karena sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi wisata alam dan budaya masyarakat Dayak Meratus yang ada di daerahnya.

"Sebagai kepala daerah, saya mengajak semua lapisan masyarakat, semua komponen masyarakat, baik itu dari Kabupaten Tapin maupun Kalimantan Selatan untuk bisa berpartisipasi," ajaknya.

Editor
Komentar