Hot Borneo

Sempat Lama Kosong, Kalsel Kembali Terima Ribuan Vial Vaksin Covid-19

Setelah berpekan-pekan kosong, Kalimantan Selatan kembali mendapatkan kiriman vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Featured-Image
Kalsel kembali mendapatkan kiriman vaksin Covid-19 dari Kemenkes. Foto: Detik

apahabar.com, BANJARBARU - Setelah berpekan-pekan kosong, Kalimantan Selatan kembali mendapatkan kiriman vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Vaksin yang didistribusikan sebanyak 6.825 vial dari Pfizer dan beberapa merek lain.

Setelah tiba di Instalasi Farmasi Kalsel, ribuan vial itu langsung dikirim ke berbagai kabupaten/kota.

"Vaksin sudah datang akhir Oktober 2022 lalu dan langsung didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Kalsel," papar Kabid P2P Dinas Kesehatan Kalsel, Syahriani, Rabu (2/11).

Namun distribusi tidak menggunakan sistem bagi rata. Dinas Kesehatan Kalsel memfokuskan daerah dengan capaian vaksinasi rendah dan jumlah populasi tinggi.

"Salah satunya Kotabaru yang akan mendapatkan 1.000 vial atau 6.000 dosis. Demikian juga Banjarmasin dan Banjar," beber Syahriani.

Selain vaksin pertama hingga kedua, booster atau vaksin ketiga digenjot kembali. Sedangkan vaksin keempat atau booster kedua, akan lebih dulu diterima tenaga kesehatan.

Sementara berdasarkan data dari Kemenkes, capaian vaksinasi dosis satu Kalsel sudah menyentuh angka 84 persen dari total sasaran 3,6 juta orang.

Sedangkan vaksin dosis kedua sebanyak 67 persen. Dilanjutkan booster pertama 22 persen dan booster kedua 41 persen.

Editor
Komentar