Pemkab Tabalong

Selangkah Lagi, Tabalong Punya Laboratorium Lingkungan Terakreditasi

UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong menjalani asesmen untuk proses penilaian akreditasi.

Featured-Image
Asesor dari Komite Akreditasi Nasional saat melakukan asesmen di Laboratorium DLH Tabalong. Foto - DLH Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong menjalani asesmen untuk proses penilaian akreditasi.

Asesmen dilakukan oleh Toto Wiradisastra dan Intan Fitalia selama tiga hari, 23-25 November 2022. Keduanya merupakan Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Toto Wiradisastra menyampaikan beberapa hal terkait progres secara umum Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong. 

Salah satunya, Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong sudah sejajar dengan laboratorium lain yang baru mengajukan akreditasi.

"Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong tinggal meningkatkan kapasitas dan fasilitas serta penambahan ruang lingkup,  tidak hanya kualitas air, tetapi juga untuk udara, kebisingan dan parameter lingkungan lainnya," ucap Toto, baru-baru tadi.

"Aspek manajemen sudah bagus, hanya ada koreksi sedikit saja. tinggal konsistensi saja untuk perjalanan atau tahapan tinjauan berikutnya," lanjut Toto.

Sementara itu, Plt Kepala DLH Tabalong, Syaiful Ikhwan mengatakan, pihaknya optimis status terakreditasi untuk Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong akan bisa diraih.

Ia berjanji akan terus mendukung, mengawal dan memperbaiki beberapa kekurangan yang menjadi temuan dari tim Asesor.

"Setelah proses asesmen ini kita diberi waktu maksimal 3 bulan untuk menindaklanjuti dan memperbaiki beberapa kekurangan sesuai rekomendasi dari tim Asesor," kata Syaiful.

Setelah masa perbaikan berakhir dalam jangka waktu 3 bulan, maka akan dilanjutkan dengan rapat panitia teknis dan menunggu jadwal rapat konsil di bulan berikutnya.

Jika semuanya sudah terlewati, KAN akan menyampaikan informasi secara formal yang menyatakan bahwa laboratorium sudah terakreditasi, ditandai dengan disampaikannya copy sertifikat akreditasinya. 

Syaiful bilang, jika Laboratorium Lingkungan DLH sudah terakreditasi, secara legalitas sudah diakui dan ini akan berdampak dengan kontribusi retribusi yang diprediksi akan meningkat.

Saat ini, para pelaku usaha pasti akan menggunakan lab yang sudah jelas legalitasnya dan sudah terakreditasi.

"Nantinya dengan diraihnya akreditasi ini, DLH Tabalong selangkah lebih maju dan tidak tertinggal dengan daerah lain," tutupnya.

Editor
Komentar