Hot Borneo

Selama MTQ Nasional Kalsel Berlangsung, Arus Lalin Dialihkan ke Jalur Mataraman-Sungai Ulin pada Waktu Tertentu

Pengalihan arus lalu lintas Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX 2022 di Kalimantan Selatan dimulai besok, Selasa (11/10).

Featured-Image
Selama jam kegiatan MTQ Nasional, arus kendaraan roda empat atau lebih dialihkan melalui jalan by pass Mataraman - Sungai Ulin. foto-Google Maps

apahabar.com, MARTAPURA - Pengalihan arus lalu lintas Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX 2022 di Kalimantan Selatan dimulai besok, Selasa (11/10).

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan saat kegiatan MTQ Nasional berlangsung. Mobil bersumbu 2 dari Hulu Sungai ke Banjarbaru atau sebaliknya diarahkan melalui jalan by pass Mataraman, Banjar-Sungai Ulin, Banjarbaru.

Sedangkan mobil truk dengan sumbu 3 ke atas tidak diperkenankan beroperasi pada saat jam kegiatan MTQ Nasional berlangsung.

Hal ini sesuai surat imbauan Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel nomor: 551.1/1073/LLJ-Dishub, 28 September 2022.

Dalam surat tersebut, jadwal pengalihan arus lalin dimulai 11-17 Oktober 2022. Pada 11 Oktober digelar Pawai Ta`aruf dengan rute star Taman Cahaya Bumi Selamat (SBC) Martapura sampai bundaran simpang empat Kota Banjarbaru dan kembali finish di halaman kantor Bupati Banjar, dijadwalkan mulai puluk 08.00 - 12.00 Wita.

Sedangkan dari 12-17 Oktober, dilaksanakan kegiatan MTQ Nasional di sejumlah venue dan Bazaar MTQ di Alun - Alun Ratu Zalecha serta CBS Martapura, pada pukul 08.00 - 14.00 Wita.

"Pada jam-jam tersebut arus lalu lintas dialihkan. Termasuk mobil pribadi dan taksi angkutan diimbau juga harus melewati jalan Mataraman - Sungai Ulin," ujar Kabid Lalu Lintas Perhubungan Darat Dishub Banjar, Riyantoni, kepada apahabar.com, Senin (10/10).

"Untuk kendaraan sumbu 3 atau lebih agar tidak beroperasi pada jam-jam tersebut," sambungnya lagi.

Jalan by pass dari Sungai Ulin ke Mataraman. foto-Google Maps.
Jalan by pass dari Sungai Ulin ke Mataraman. foto-Google Maps.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Ahmad Solhan menjamin kondisi semua jalan alternatif sudah bisa dilalui meskipun masih ada sebagian jalan yang belum mulus.

"Jalan Mataraman-Sungai Ulin sudah bisa dilewati, meski ada sekitar satu kilometer yang belum diaspal, masih tahap pengerasan,” ujarnya.

Masih jalur by pass tersebut, ada satu persimpangan pengenadara harus hati-hati karena rawan kecelakaan.

“Karena, kabarnya di simpang empat itu sering ada kecelakaan di sana. Jadi kami harap Dishub bersama Polantas bersiaga di sana,” katanya.

Kemudian perihal jalur lain, Solhan mengklaim juga tidak ada masalah. Seperti jalan Martapura Lama yang dapat digunakan pengendara dari arah Banjarmasin ke Martapura atau sebaliknya.

Di sisi lain, Jalan Gunung Kupang di Kota Banjarbaru yang menjadi akses utama menuju pusat kegiatan MTQ di Kiram Park, kini sudah mulus 100 persen.

"Bahkan di sepanjang jalan ini dipasangi lampion untuk penerangan dan juga dipasang penanda arah jalan," tutupnya.

Editor
Komentar