Hot Borneo

Sekda HST Sebut Pemprov Kalsel Dukung Penertiban Tambang Ilegal di Meratus

Temuan pertambangan tanpa izin atau penambangan ilegal di Kalsel bukan barang baru.

Featured-Image
HST dapat dukungan dalam penertiban tambang batu bara di Meratus. Foto: Meratus Geopark

apahabar.com, BANJARBARU - Temuan pertambangan tanpa izin atau penambangan ilegal di Kalsel bukan barang baru. Teranyar, sekelompok pengendara motor trail menemukan bukti adanya aktivitas penambangan batu bara di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Hasil tambang secara diam-diam diangkut ke stockpile di Kabupaten Balangan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten HST.

Sekretaris Daerah (Sekda) HST, Muhammad Yani mengatakan, pihaknya baru saja diundang Sekda Kalsel untuk rapat penertiban penambangan ilegal di daerahnya.

Yani mengaku, penolakan atas tambang batu bara di HST mendapat dukungan dari pemerintah provinsi. "Alhamdulillah, kita mendapat dukungan penuh," katanya.

Langkah selanjutnya kata Yani, pihaknya akan melakukan audiensi dengan Kementerian ESDM untuk meminta penertiban penambangan ilegal di Kalsel, termasuk HST.

"Karena sekarang soal penambangan, kewenangannya ada di pemerintah pusat," ujar Yani.

Sebelumnya, Yani mengaku pernah membaca surat usulan Pemprov Kalsel untuk melegalkan Meratus HST dijamah tambang.

Namun, ujar dia, tidak ada kata usulan, melainkan hanya memfasilitasi. "Kita atas nama masyarakat tetap menolak dan tidak menginginkan adanya pertambangan di HST," katanya.

Sebab, tak ditambang saja Kabupaten HST sudah sering diterpa bencana. Seperti banjir bandang, dan longsor yang sampai merenggut korban jiwa. "Apalagi kalau ditambang," papar Yani.

Editor
Komentar