Hot Borneo

Satu Korban KM Niaga Ditemukan di Perairan Tanjung Serudung Kotabaru

apahabar.com, BATULICIN – Satu jenazah diduga korban KM Teman Niaga yang karam di Selat Makassar, ditemukan…

Featured-Image
KN SAR Laksamana 142 yang ikut melakukan pencarian 11 ABK KM Teman Niaga. Foto: Basarnas Banjarmasin

apahabar.com, BATULICIN – Satu jenazah diduga korban KM Teman Niaga yang karam di Selat Makassar, ditemukan oleh LCT Bahari Kusuma Jaya, Rabu (31/8), sekitar pukul 12.15 Wita.

Korban ditemukan sekitar 3,5 mil dari Tanjung Serudung Kotabaru dalam keadaan meninggal. Ditemukan oleh nelayan sekitar, jenazah lalu dievakuasi menuju MP Samudra Biru 168.

Penemuan korban pun diinformasikan kepada KRI Tongkol yang juga sedang melakukan proses pencarian korban KM Teman Niaga.

Kemudian sekitar pukul 15.55 Wita, KRI Tongkol mengevakuasi jenazah menuju Pelabuhan Stagen di Kotabaru, sebelum kembali dibawa menuju Pos TNI AL Batulicin.

“Identitas korban belum dapat diungkap, lantaran kondisi jenazah yang sudah mulai membengkak,” papar Amri Zuna Kurniawan, Kasubsi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin.

Sementara proses pencarian terbilang lancar, mengingat cuaca lebih mendukung dibanding beberapa hari terakhir.

“Sebelumnya gelombang air dan angin di sekitar lokasi pencarian sempat tidak menentu, sehingga sedikit mengganggu,” jelas Amri Zuna.

“Ke depan kami akan terus melakukan proses pencarian dan mengundang instansi-instansi yang terlibat dalam proses pencarian guna melakukan evaluasi,” tandasnya.

KM Teman Niaga dilaporkan tenggelam di Selat Makassar, Senin (22/8). Kapal ini berlayar dari Kotabaru menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Kapal yang mengangkut 22.000 sak semen itu diketahui tenggelam, setelah 4 Anak Buah Kapal (ABK) ditemukan oleh KM Dharma Fery III tiga hari kemudian. Mereka sempat bertahan di atas sekoci yang terbalik.

Dengan demikian, 10 ABK lain termasuk nahkoda KM Teman Niaga, hingga sekarang masih dalam proses pencarian.

Komentar