Relax

Rilis Trailer Film ‘Sri Asih’, Begini Kiprah Sutradara Film Joko Anwar yang Angkat Kisah Superhero Lokal

apahabar.com, JAKARTA – Joko Anwar membagikan trailer film terbarunya, Sri Asih, melalui akun Twitter @jokoanwar, Selasa…

Featured-Image

apahabar.com, JAKARTA – Joko Anwar membagikan trailer film terbarunya, Sri Asih, melalui akun Twitter @jokoanwar, Selasa (6/9/2022). Video berdurasi dua menitan itu menampilkan sejumlah aktor yang bakal berlaga dalam film kedua keluaran Jagat Sinema Bumilangit.

“Inilah Official Trailer SRI ASIH. Dibintangi oleh Pevita Pearce, Reza Rahadian, Christine Hakim, Jefri Nichol, Dimas Anggara, Surya Saputra,” demikian cuitnya.

Film Sri Asih sendiri menuturkan kisah adisatria alias pahlawan wanita paling sakti di Jagat Bumilangit. Skenario film tersebut ditulis oleh Joko Anwar, dan disutradarai oleh Sartri Dania Sulfiati.

Joko Anwar dan Kearifan Lokal

img2

Ini bukan kali pertama Joko Anwar terlibat dalam pembuatan film yang mengadopsi kearifan lokal. Dia mensutradarai film sebelumnya, Gundala, yang juga menuturkan kisah superhero khas Indonesia.

Pamor Joko Anwar sendiri terkenal sebagai sosok yang andal meramu film bergenre horor. Namanya mulai dikenal publik usai Pengabdi Setan mendulang kesuksesan. Joko Anwar berhasil mengubah nilai jual film horor Indonesia yang semula identik dengan adegan esek-esek.

Meski genre-nya berbeda, Sri Asih dan Pengabdi Setan sama-sama mengusung kearifan lokal. Premis film horor keluaran tahun 2017 itu berangkat dari kebudayaan Nusantara yang masih lekat dengan hal-hal berbau mistis.

Sementara itu, karakter superhero dalam film Sri Asih sangat melekat dengan ornamen khas Indonesia, di mana tampil berbalut kemben yang dilengkapi mahkota beserta kain selendang. Sosoknya digambarkan memiliki tinggi badan sekitar 172 cm itu bisa terbang, bertubuh kebal, dan memiliki kekuatan setara tenaga 250 pria dewasa.

Begitu pun dengan film bergenre thriller dengan judul Kala. Film yang pertama kali rilis pada 2007 itu mengisahkan keadaan politik Indonesia. Karya ini pun sukses melambungkan nama Joko Anwar hingga ke mancanegara.

Ternyata adalah Lulusan Sarjana Teknik

Sederet karya itu sudah tentu melambungkan nama Joko Anwar sebagai seorang filmmaker. Namun, siapa sangka, pria asal Medan itu rupanya menyandang gelar Sarjana Teknik.

Dia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), lebih tepatnya dari jurusan Aerospace Engineering. Kesempatan untuk berkecimpung di industri perfilman baru menghampirinya usai menjajali profesi wartawan.

Ya, sebelum menjadi sutradara, Joko Anwar sempat bekerja sebagai wartawan harian yang berfokus meliput dunia film. Sejak saat itu pula, dirinya dikenal menjadi kritikus film bermulut pedas.

Joko Anwar memulai debutnya di dunia perfilman melalui film Arisan. Dirinya terlibat sebagai penulis naskah bersama Nia Dinata. Adapun debutnya sebagai sutradara baru dimulai pada 2005, lebih tepatnya lewat film Janji Joni.

Demikianlah sekilas perjalanan karier Joko Anwar, sang penulis skenario film Sri Asih yang bakal tayang di layar lebar pada 6 Oktober 2022 mendatang. Terinspirasi untuk mengikuti jejaknya? (Nurisma)

Komentar