Hot Borneo

Respons BPJN Kalsel Soal Jalan Nasional KM 171 Satui Tanbu Putus Akibat Longsor Lagi

Jalan Nasional KM 171 Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), kembali longsor, Minggu (16/10) pagi.

Featured-Image
Kondisi jalur alternatif Satui Tanbu usai Jalan Nasional KM 171 Satui Tanbu longsor, Minggu (16/10). Foto-Netizen for apahabar.com.

apahabar.com, BANJARMASIN - Jalan Nasional KM 171 Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), kembali longsor, Minggu (16/10) pagi.

Rupanya, longsor susulan di Jalan Nasional 171 Satui Tanbu, itu sudah jadi perhatian Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun, upaya agar Jalan Nasional 171 Satui Tanbu itu tidak longsor, belum berhasil. Longsoran jalan kembali mengarah ke galian aktif tambang batu bara.

Cuaca hujan beberapa hari ini di Satui Tanbu ditengarai menjadi pemicunya. Hingga kini, Jalan Nasional 171 Satui Tanbu itu betul-betul putus dan tak bisa dilewati kendaraan roda empat.

“Kita sedang proses pembuatan trap di lereng, ini memang terkendala hujan 2 hari ini sehingga terhenti, mudah-mudahan cuaca baik kita bisa segera lanjutkan,” kata PPK 1.2 Provinsi Kalsel BPJN Kalsel, Saleh Syamsuri, Minggu  (16/10/2022) sore.

Saleh menambahkan, pihaknya kini tengah mengupayakan agar jalan yang terputus itu tetap bisa diperbaiki. "Trap itu untuk mencegah longsoran lebih meluas,” terang dia.

Lebih lanjut kata Saleh, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengevaluasi dan  menakar ketahanan tanah yang hasilnya akan menjadi bahan untuk desain pembangunan Jalan KM 171 Satui Tanbu permanen.

“Untuk jalan alternatif dari Pemkab Tanah Bumbu sedang membuka jalan daerah yang baru dengan kondisi yang lebih baik,” sambungnya.

Baca Juga: Video Kondisi Terkini Jalan Nasional KM 171 Satui Tanbu yang Putus, Sekarang Hanya Bisa dilewati Roda Dua

Editor
Komentar