Sport

Resmi! Joan Mir Gabung Honda, Temani Marc Marquez Tahun Depan

apahabar.com, BANJARMASIN – Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, resmi direkrut Honda. Mulai musim 2023, Joan…

Featured-Image
Joan Mir Resmi Gabung Honda di MotoGP tahun depan. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, resmi direkrut Honda.

Mulai musim 2023, Joan Mir akan menemani Marc Marquez di tim pabrikan Honda.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Honda melalui siaran persnya.

“Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Joan Mir,” tulis pengumuman Honda dikutip apahabar.com dari laman resmi Global Honda News Room pada Selasa (30/8).

Tak hanya melalui laman resmi Global Honda News Room, pengumuman Joan Mir bergabung di Honda juga diunggah di akun Instagram @hondaracingcorporation.

Rider berusia 24 tahun itu akan bersaing di kelas MotoGP dengan motor Honda RC213V mulai musim 2023.

Joan Mir bergabung di tim pabrikan Honda dengan kontrak dua tahun. Dia bakal satu tim dengan Marc Marquez.

Joan Mir memulai bersaing di tingkat kejuaraan dunia sepenuhnya di Moto3 pada 2016. Selanjutnya pada 2017, Mir menggunakan motor Honda di kelas Moto3. Setahun setelahnya, Mir naik kelas ke Moto2.

Sejak 2019, Joan Mir menjadi rider andalan Suzuki di kelas MotoGP. Bahkan, pada 2020 rider asal Spanyol itu berhasil menjadi juara dunia. Hingga kini, pebalap dengan nomor #36 itu mengklaim 12 kemenangan Grand Prix dan 33 podium.

Tahun ini menjadi musim terakhir Joan Mir dengan Suzuki. Seperti diketahui, Suzuki telah mengumumkan mundur dari MotoGP. Tahun depan, Suzuki tak lagi bersaing di balapan motor MotoGP.

Suzuki Motor Corporation mengumumkan bahwa Suzuki bersama Dorna telah mencapai kesepakatan untuk menghentikan partisipasi Suzuki di MotoGP pada akhir musim 2022.

Representative Director and President Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki, mengatakan keputusan mundur dari MotoGP dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengalokasikan sumber daya pada inisiatif lain yang berkelanjutan.

Sementara itu, rekan setim Joan Mir, Alex Rins sudah lebih dulu menandatangani kontrak dengan tim satelit LCR Honda. Alex Rins menjadi pebalap LCR Honda dengan durasi kontrak dua tahun.

Komentar