News

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia

apahabar.com, LONDON – Ratu Kerajaan Inggris, Elizabeth II, meninggal dunia dalam usia 96 tahun di Balmoral,…

Featured-Image
Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun di Balmoral, Jumat (2/9). Foto: Republika

apahabar.com, LONDON – Ratu Kerajaan Inggris, Elizabeth II, meninggal dunia dalam usia 96 tahun di Balmoral, Skotlandia, Jumat (9/9) dini hari.

Kabar duka ini dilaporkan oleh Istana Buckingham, serta melalui akun Twitter The Royal Family.

“Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral,” demikian pernyataan Istana Buckingham.

Sebelumnya diberitakan Ratu Elizabeth II berada di bawah pengawasan medis di Balmoral. Pengawasan dilakukan usai dokter istana menyatakan kekhawatiran atas kesehatan Ratu Elizabeth.

Pangeran Charles dan sang istri, Camilla, disebut telah melakukan perjalanan ke Balmoral. Disusul Pangeran William yang merupakan cucu anak Pangeran Charles dan cucu Elizabeth II.

Elizabeth II yang bernama asli Elizabeth Alexandra Mary dilahirkan 21 April 1926. Putri Raja George VI dan Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon ini naik tahkta sejak 6 Februari 1952.

Memerintah selama 70 tahun, Elizabeth II mencatatkan sejarah terlama dalm Monarki Britania Raya melampaui masa pemerintahan sang nenek buyut, Ratu Victoria, dengan masa pemerintahan 63 tahun.

Berbagai peristiwa bersejarah juga terjadi selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, di antaranya The Troubles di Irlandia Utara, Perang Falklands dan Perang Afganistan.

Kemudian sederet momen duka, termasuk kematian sang ayah dalam 56 tahun, pembunuhan paman Pangeran Philip, kehancuran rumah tangga anak-anak, dan kematian Putri Diana.

Selama Ratu Elizabeth II memerintah, keluarga kerajaan sering kali menerima berbagai kritikan dan kecaman dari media massa dan tokoh-tokoh prorepublik. Namun popularitas pribadi dan dukungan tetap mengalir untuk kerajaan.

Berdasarkan garis suksesi, Pangeran Charles menjadi pewaris langsung untuk menjadi Raja Inggris. Disusul kemudian Pangeran William, Pangeran George, Putri Charlotte, hingga Pangeran Louis.

Posisi keenam dalam garis suksesi adalah Pangeran Harry, diikuti Archie Mountbatten-Windsor dan Lilibet Mountbatten-Windsor. Dilanjutkan Duke of York dan Putri Beatrice.

Komentar