Hot Borneo

Ramaikan! Festival Musik Kreasi Mengenang Lagu-Lagu Fadly Zour Digelar Besok di Pagatan

Sejumlah pegiat seni di Pagatan, Kusan Hilir, Tanah Bumbu, menginisiasi event festival musik kreasi untuk mengenang karya sang maestro, Fadly Zour.

Featured-Image
Festival Musik Kreasi untuk mengenang karya Fadly Zour digelar di Pagatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN - Sejumlah pegiat seni di Pagatan, Kusan Hilir, Tanah Bumbu, menginisiasi event festival musik kreasi untuk mengenang karya sang maestro, Fadly Zour.

Festival ini akan digelar pada Sabtu (12/11) besok di Gedung Serbaguna Desa Batuah, Kusan Hilir.

Para peserta akan membawakan lagu wajib dan pilihan. Kategori lagu wajib yakni Pambatangan. Sementara pada lagu pilihan, peserta bisa memilih antara Mahadang Ading, Pagatan Kotaku, dan Mattone.

"Festival ini untuk mengenang sekaligus lebih mengenalkan lagi karya-karya beliau di masyarakat," kata Dwi Erminasari, mewakili panitia kegiatan.

Saat ini sudah ada sejumlah kelompok musik yang mendaftar. Tak hanya dari Pagatan, tapi juga dari Simpang Empat dan dari Kotabaru. Sejumlah band tersebut akan membawakan ulang lagu-lagu karya Fadly Zour dengan gaya masing-masing.

"Genre-nya bebas," sebut Dwi Erminasari.

Fadly Zour Fadli Zour yang bernama asli Fadli Noor lahir di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, 12 Desember 1939. Ia tutup usia pada 2019 lalu.

Fadly Zour merupakan seniman yang karya-karyanya terus dikenang hingga hari ini. Banyak penghargaan juga sudah ia terima dari pemerintah kabupaten maupun provinsi. Salah satunya penghargaan sebagai maestro pencipta lagu daerah Banjar dari Gubernur Kalsel Rudy Ariffin.

Pada 10 November 2022 kemarin, Fadly Zour kembali mendapatkan penghargaan dari Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor
Komentar