Religi

Ramadan Najwa, Qariah Martapura Sarat Prestasi Incar Juara I MTQ Nasional 2022

Ramadan Najwa pernah menjuarai ajang Indonesia Mengaji di Indosiar tahun 2020

Featured-Image
Ramadan Najwa, qariah asal Martapura, Kabupaten Banjar, menargetkan juara terbaik I pada MTQ Nasional 2022 di Kalsel. Foto-apahabar.com/hendralianor

apahabar.com, MARTAPURA - Ramadan Najwa (17), qariah asal Martapura, Kabupaten Banjar, mengincar juara pertama di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Kalimantan Selatan (Kalsel) 2022.

Pada MTQ kali ini, Najwa mengikuti kategori tilawah golongan remaja.

Sebagai tuan rumah event tilawah terbesar se-tanah air ini, tentunya Najwa berupaya maksimal memberikan yang terbaik untuk Kalsel.

"Targetnya mudah-mudahan juara satu," ucap Najwa kepada apahabar.com saat ditemui di kediamannya di Desa Bincau, Martapura beberapa waktu lalu.

Serangkaian persiapan telah dilakukannya menjelang dimulainya MTQ Nasional pada 10-19 Oktober 2022 nanti, seperti training center di LPTQ Kalsel hingga latihan tilawah sendiri di rumah.

"Kalau latihan pribadi di rumah biasanya selepas salat Subuh dan Magrib," tutur satriwati Ponpes Darussalam Martapura ini.

Sarat Prestasi

Gadis kelahiran Mataraman 19 Oktober 2004 ini sebelumnya sudah banyak menyabet juara, seperti juara pertama pada ajang Indonesia Mengaji bertajuk Ramadan di Rumah Aja program televisi Indosiar tahun 2020.

Sederet prestasi sudah banyak diraih oleh buah hati pasangan Wildan dan Syarifah Halimatussa’diyah ini.

Di antaranya pada MTQ Nasional 2018 di Sumatra Utara, Najwa keluar sebagai qariah terbaik harapan III kategori tilawah golongan anak-anak.

Namun di MTQ Nasional edisi 2020 di Sumatra Barat ia hanya meraih terbaik ke-7 pada kategori tilawah remaja.

Di MTQ tingkat provinsi, Najwa selalu berhasil meraih juara terbaik I golongan anak-anak sejak 2017, yakni pada edisi 2017 di Banjarmasin dan 2018 di Tabalong.

Juara II pernai ia raih MTQ Kalsel 2016 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Prestasi Najwa terus berlanjut ketika masuk ke golongan remaja.

Edisi MTQ Kalsel 2019 di Kotabaru dan 2021 di Tanah Bumbu ia tetap meraih juara terbaik I.

Yang terbaru, Najwa kembali juara terbaik I cabang tilawah putri pada Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) ke-52 RRI yang digelar di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, pada April 2022 lalu. Kala itu Najwa mewakili RRI Banjarmasin.

Menjaga Kualitas Suara

Selain banyak belajar kepada guru dan latihan yang konsisten, hal yang tak kalah penting bagi Najwa adalah menjaga suara agar tetap prima saat tampil.

Menurutnya, dalam menjaga suara ia hanya menghindari makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan suaranya terganggu.

"Menjaga makanan dan minuman saja, seperti tidak minum es atau makan makanan yang pedas-pedas," tutupnya.

Editor
Komentar