Relax

Punya Makanan Sisa? Jangan Dibuang, Olah Jadi Hidangan Ini

apahabar.com, JAKARTA- Makanan sisa yang kerap ditemui di dapur, seperti nasi dan kulit sayur maupun buah,…

Featured-Image
Makanan sisa dapat diolah kembali (Foto: InnerSelf)

apahabar.com, JAKARTA- Makanan sisa yang kerap ditemui di dapur, seperti nasi dan kulit sayur maupun buah, biasanya akan langsung dibuang ke tempat sampah. Padahal, bahan-bahan tersebut bisa diolah kembali menjadi santapan yang nikmat.

Selain dinikmati sendiri, olahan makanan sisa ini juga bisa Anda jual kembali guna menambah pundi-pundi rupiah. Sudah banyak UMKM di Indonesia yang menerapkan hal serupa, lho.

Tertarik untuk mencobanya juga? Berikut empat makanan sisa yang bisa diolah kembali menjadi hidangan baru, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Nasi Putih

Mayoritas orang Indonesia sudah pasti menyantap nasi putih sebagai makanan pokok. Namun, terkadang ada kondisi di mana nasi tersebut masih banyak tersisa dan tak termakan. Daripada dibiarkan hingga basi, Anda bisa mengolahnya kembali menjadi berbagai hidangan.

Santapan paling mudah yang bisa Anda buat dari nasi putih ialah nasi goreng. Hanya dengan menambahkan irisan bawang, cabai, telur, dan kecap, makanan ini sudah bisa dinikmati.

Selain itu, bisa juga membuatnya menjadi rengginang. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan menjemur nasi sampai kering di bawah terik matahari, kemudian goreng dengan minyak panas.

2. Tulang Ayam, Sapi, atau Ikan

Apakah Anda termasuk orang yang sangat menyukai daging? Jika begitu, maka Anda harus mulai memanfaatkan tulangnya untuk membuat santapan baru.

Tulang ayam, sapi, maupun ikan bisa diolah kembali menjadi kaldu. Caranya, masukkan tulang ke dalam slow cooker. Tambahkan air, garam, gula, dan lada sesuai selera, kemudian tutup dan masak dengan api kecil.

Tunggu air rebusan tulang tadi sampai mendidih, lalu angkat dan biarkan mendingin di udara terbuka. Kalau sudah mendingin, masukkan ke dalam botol bersih dan simpan di dalam freezer.

3. Roti Tawar

Roti tawar sisa bisa dikreasikan menjadi berbagai pelengkap makanan penutup, baik yang bercita rasa gurih maupun manis. Jika Anda menyukai makanan gurih, roti tawar sisa dapat diolah menjadi roti goreng atau crouton.

Potong roti tersebut menjadi dadu, kemudian campur dengan bahan-bahan lain, seperti daging ayam dan wortel. Selain itu, bisa juga dimakan bersama salad, sup, atau sebagai camilan.

Sedangkan, untuk mengkreasikan roti tawar sisa menjadi kudapan manis, Anda bisa membuat puding roti. Caranya, cukup tambahkan roti tersebut dengan rum dan kayu manis.

4. Kulit Buah dan Sayur

Tidak hanya daging buah yang bisa dikonsumsi, kulit dari buah-buahan itu juga bisa diolah menjadi hidangan baru. Kulit jeruk, misalnya, bisa dikreasikan menjadi manisan.

Kulit sayur-sayuran, seperti kentang, wortel, maupun ketela, bisa diolah menjadi camilan nikmat. Caranya, olesi kulit yang sudah dicuci bersih dengan minyak zaitun. Taburkan garam dan kaldu bubuk sesuai selera, kemudian panggang selama 15 menit.

Itulah empat makanan sisa yang bisa diolah kembali menjadi hidangan nikmat. Tertarik mencoba salah satunya? (Nurisma)

Komentar