Hot Borneo

PNM Dampingi 1.000 Nasabah Dapatkan NIB dan Sosialisasi Manfaat Sosmed di Banjarmasin

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pelatihan.

Featured-Image
Penyerahan NIB kepada satu nasabah PNM di Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pelatihan dengan tema "Sosialisasi Manfaat Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Berjualan Melalui Sosial Media".

Sedikitnya terdapat 1.000 nasabah PNM Mekaar yang hadir secara langsung di Aula Gedung Serbaguna Chandra Banjarmasin, Kamis (20/10).

Pelatihan yang dikenal dengan istilah PKU Akbar dilaksanakan dengan melibatkan nasabah Mekaar dan didampingi
oleh PNM PKU.

Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Hal tersebut sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar.

Pelatihan ini bertujuan mendorong nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya memiliki perizinan usaha (NIB) supaya legalitas usahanya terjamin.

Alhasil, dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, peluang mendapatkan pelatihan, dan kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah yang bisa menambah kesejahteraan keluarga. 

Kemudian peserta juga didampingi dan dibimbing untuk mengikuti perkembangan zaman digital agar bisa memperluas pasar usahanya melalui sosial media sehingga produk semakin laku di pasaran lokal maupun nasional. 

Selanjutnya, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM.

Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif,
sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman.

Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

Kemudian, pelatihan ini berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Pemimpin PNM Cabang Banjarmasin Muhammad Yusbar, Kepala Divisi Jasa Manajemen dan Kemitraan PT PNM Mira Damayanti Hardjono, dan Narasumber dari UMKM Daerah Kalimantan Selatan Hj. Ananda. 

Sebagai informasi, hingga 18 Oktober 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp146,68 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,91 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.507 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.

Editor
Komentar