Hot Borneo

Persyaratan Belum Terpenuhi, Bawaslu Batola Perpanjang Perekrutan Panwascam

Bawaslu Barito Kuala (Batola) resmi memperpanjang pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024.

Featured-Image
Baswalu Batola memperpanjang masa pendaftaran Panwascam yang dimulai 2 hingga 8 Oktober 2022. Foto: Bawaslu Batola

apahabar.com, MARABAHAN - Oleh karena sejumlah ketentuan belum terpenuhi, Bawaslu Barito Kuala (Batola) memperpanjang pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024.

Sedianya pendaftaran sudah ditutup 27 September 2022. Total terdaftar 228 orang dari 17 kecamatan yang terdiri dari 165 laki-laki dan 63 perempuan.

Berdasarkan persentase total, Batola sudah mencapai 30 persen keterlibatan pendaftar perempuan yang menjadi salah satu persyaratan utama perekrutan Panwascam.

Namun setelah dilakukan penelitian berkas selama tiga hari hingga, Sabtu (1/10), sejumlah kecamatan belum memenuhi ketentuan pendaftar. Diketahui situasi serupa juga terjadi di banyak wilayah di Indonesia.

"Sesuai petunjuk teknis, perpanjangan pendaftaran dilakukan apabila jumlah pendaftar sudah memenuhi dua kali kebutuhan, tetapi tidak terdapat pendaftar perempuan," papar Rahmatullah Amin, Ketua Bawaslu Batola.

Pendaftaran juga harus diperpanjang, seandainya sudah terdapat pendaftar perempuan, tetapi kurang dari dua kali kebutuhan.

Baca: Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Mesin KPU Batola Sudah Mulai Panas

Baca: Resmi Bekerja, Panwascam Batola Ditunggu 3 Tantangan Berat

"Kemudian jumlah pendaftar kurang dari dua kali kebutuhan, atau keterwakilan perempuan belum mencapai minimal 30 persen dalam satu kecamatan," tambah Amin.

Akhirnya diputuskan 9 dari 17 kecamatan di Batola, akan mendapatkan perpanjangan masa pendaftaran yang dimulai 2 hingga 8 Oktober 2022.

Kesembilan kecamatan tersebut adalah Tabunganen, Anjir Pasar, Anjir Muara, Mandastana, Rantau Badauh, Belawang, Tabukan, Mekarsari dan Barambai.

Meski difokuskan mencapai 30 persen keterlibatan perempuan per kecamatan, perpanjangan pendaftaran terbuka untuk semua jenis kelamin.

Ketentuan lain adalah kebebasan memilih salah satu dari 9 kecamatan tujuan, sekalipun si pendaftar bukan warga kecamatan dimaksud.

"Selama berdomisili di Batola dan dibuktikan dengan KTP, serta memenuhi persyaratan lain, semua bisa mendaftarkan diri," tegas Amin.

"Pendaftaran dapat dikirim melalui email, pos, maupun datang langsung ke Sekretariat Bawaslu Batola. Waktu pelayanan mulai pukul 09.00 hingga 17.00 Wita," tandasnya.

Editor
Komentar