News

Persiapan Pengamanan Nataru, Hari Ini Polri Gelar Rakor Lintas Sektor

Polri akan menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektor tingkat menteri dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru)...

Featured-Image
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 lewat udara. Foto-Antara/HO

apahabar.com, JAKARTA - Polri akan menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektor tingkat menteri dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) bersama kementerian/lembaga terkait, hari ini, Jumat (16/12).

Rencananya rakor lintas sektor ini akan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Melansir Antara, berdasarkan informasi dari Divisi Humas Polri, rakor dilaksanakan pukul 10.30 WIB bertempat di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Terkait dengan apa saja yang dipersiapkan dalam menghadapi Nataru akan disampaikan secara doorstop usai rakor lintas sektor dilaksanakan tertutup di Mabes Polri.

Sebelumnya, Rabu (14/12), Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan bahwa pengamanan Nataru tengah dipersiapkan.

Menurut dia, kekuatan Polri untuk pengamanan Nataru sebanyak 102.000 personel, dibantu 32.000 personel gabungan dari TNI dan instansi terkait.

Pengamanan Nataru secara terperinci, kata Dedi, akan dibahas dalam rapat koordinasi teknis (rakornis) lintas kementerian dan lembaga pada hari ini, Jumat.

Dalam pengamanan Nataru ini, lanjut dia, pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjad, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

"Dari mulai penyeberangan Bakauheni-Merak hingga seluruh Transjawa, harus betul-betul kami kendalikan dengan baik," katanya.

Berdasarkan prediksi pemerintah ada sekitar 71 juta orang yang memanfaatkan cuti Natal dan tahun baru, tersebar di seluruh provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain itu, kata Dedi, Polri juga telah memetakan lokasi-lokasi yang menjadi prioritas dan fokus pengamanan, seperti tempat ibadah, objek wisata, dan jalur-jalur mobilitas masyarakat.

"Kami sudah memetakan ada 508 titik yang harus diamankan. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengamankan perayaan Natal dan tahun baru agar semuanya berjalan lancar, aman, dan kondusif," ujar Dedi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Apek Kasatwil 2022 di Hotel Sultan, Rabu (14/12), mengingatkan kepada jajarannya untuk persiapan pengamanan Nataru.

Catatan penting yang disampaikan terkait dengan antisipasi peristiwa teror. Densus 88 Antiteror Polri diminta melakukan pengungkapan, sedangkan jajaran lainnya melakukan penjagaan.

Sigit mengingatkan kepada jajaran untuk menggandeng semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), dalam menjaga Natal dan tahun baru sehingga menjadi gerakan bersama melawan teroris.

Editor
Komentar