Hot Borneo

Perbaikan Retak Jembatan Paringin, Sudah Dua Kabel ‘Hangit’

apahabar.com, PARINGIN – Molor dari target, perbaikan Jembatan Paringin terus digenjot Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN)…

Featured-Image
Siang-malam pekerja di lapangan melakukan pengelasan pada lantai Jembatan Paringin. apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Molor dari target, perbaikan Jembatan Paringin terus digenjot Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel.

Aktivitas perbaikan sementara sudah dimulai sejak Senin (29/8) malam, meliputi pemasangan rangka besi dan pelat baja pada bagian lantai yang retak.

Pantauan apahabar.com, Kamis (1/9) terlihat pelat baja sudah terpasang semua di lantai jembatan.

Beberapa pekerja masih terlihat sibuk mengelas pelat baja. Seharusnya perbaikan selesai kemarin, namun terkendala hujan dalam pemasangan pelat baja.

“Karena hujan kita tidak bisa melakukan las pada lantai bajanya dan sudah dua kabel listrik hangit (gosong terbakar) karena kepanasan,” ungkap Muhammad, kepala pekerjaan Jembatan Paringin.

Truk Terobos Jembatan Paringin yang Rusak Parah, Mau Uji Nyali Ya?

Muhammad menerangkan jika tidak ada lagi kendala, hari ini pemasangan pelat baja pada lantai jembatan selesai.

“Hari ini sudah kita selesaikan jika tidak ada kendala,” kata Muhammad.

Kepala BPJN Kalsel, Kamal Syauqi mengatakan dari hasil perbaikan sementara akan ada sejumlah penyesuaian atau aturan baru.

“Perbaikan sementara pada lantai Jembatan Paringin untuk roda dua dan roda empat saja,” ucapnya usai rapat antar-instasi di Pemkab Balangan, Selasa (30/8).

Selanjutnya, perbaikan akan dilakukan lagi dengan pengecoran pada lantai jembatan. Termasuk untuk penanganan jangka panjangnya.

“Untuk jangka panjang, akan kita buatkan jembatan baru di sebelah Jembatan Paringin, direncanakan akan dikerjakan pada 2023 mendatang,” kata Kamal Syauqi kepada awak media.

Komentar