News

Pengacara Brigadir J Resmi Laporkan Briptu Martin Gabe ke Mabes Polri, Siapa Dia?

apahabar.com, JAKARTA – Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak resmi melaporkan Briptu Martin Gabe. Laporan…

Featured-Image

apahabar.com, JAKARTA - Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak resmi melaporkan Briptu Martin Gabe. Laporan itu dibuatnya agar tuduhan pelecehan seksual terhadap Brigadir J berhenti.

"Karena klien kami sering dituduh pelecehan seksual atau kekerasan seksual atau pemerkosaan, sedangkan WA ibu Putri tidak ada mengatakan begitu," ujarnya di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (26/8).

Kamaruddin mengatakan pihaknya akan tetap membuat laporan polisi walau sebelumnya isu pelecehan seksual telah dinyatakan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi.

"Maka supaya tuduhan itu berhenti walaupun sudah di SP3 oleh Dirtipidum Polri maka hari ini kami buat laporannya tentang persangkaan atau pengaduan palsu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 317 318 dengan terlapor bapak Ferdy Sambo, ibu Putri, dan Briptu Martin Gabe. Ini dari Polres Jakarta Selatan membuat LP (Laporan Polisi) model A pada 8 dan 9 Juli 2022," ungkapnya.

Ada beberapa barang bukti yang dibawa oleh Kamaruddin terkait laporannya kali ini. Di antaranya adalah berita online, video pernyataan mantan kapolres, dan lain sebagainya.

"Barang bukti berupa surat kuasa, surat SP3 untuk kedua LP tersebut ditambah dengan rilis berita online. Kemudian video dari mantan Kapolres Jaksel, kemudian Karo Penmas, kemudian Benny Mamoto (Kompolnas) yang menyatakan terjadi kekerasan atau pelecehan seksual atau pengancaman maupun tembak menembak," pungkasnya.

Sebelumnya, Polri mengungkapkan kedua laporan terhadap Brigadir J termasuk dalam obstruction of justice. Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian menyatakan hal itu sebelumnya sempat dinaikkan statusnya menjadi penyidikan.

Laporan itu terdaftar dengan nomor laporan polisi: LP368/A/VII/2022/SPKT/PolresMetroJakartaSelatan tanggal 8 Juli 2022. Pelapor kasus tersebut adalah anggota Polres Metro Jakarta Selatan, yang tidak lain adalah Briptu Martin Gabe.

"Pelapornya adalah Briptu Martin Gabe atau anggota Polres Metro Jakarta Selatan, korbannya adalah Bharada Richard atau Bharada E, dengan terlapor Brigadir J," katanya.

Brigjen Andi lalu menerangkan bahwa dalam kasus itu tak ditemukan dugaan pidana. Hal tersebut menunjukkan Brigadir J tidak terbukti melakukan tindak pidana percobaan pembunuhan terhadap Bharada E. (Regent)

Komentar