Hot Borneo

Pencari Kerja Merapat! Ada Ratusan Loker di Job Fair Banjarbaru 2022

apahabar.com, BANJARBARU – Setelah empat tahun vakum, Job Fair Banjarbaru 2022 kembali digelar. Ada ratusan lowongan…

Featured-Image
Suasana Banjarbaru Job Fair 2022. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Setelah empat tahun vakum, Job Fair Banjarbaru 2022 kembali digelar. Ada ratusan lowongan kerja yang dibuka selama event berlangsung.

“Ada 392 lowongan kerja dari 20 perusahaan. Rencananya ada beberapa perusahaan yang akan menambah kuota lowongan kerjanya,” ujar Ketua Pelaksana Job Fair Banjarbaru 2022, Irawan.

Event ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (Diskop UKM Naker) pada 19 hingga 21 Juli 2022.

Sejumlah perusahaan yang ikut serta dalam event tersebut berasal dari bidang yang sangat beragam. Dari perhotelan, pembiayaan, retail, alat berat, distributor makanan, restoran hingga bidang pendidikan.

Event yang digelar di halaman Diskop UKM Naker itu, menurut Irawan, merupakan strategi untuk menekan angka pengangguran.

Berdasarkan data dari Bappeda, sebelum pandemi ada 3,15 persen pengangguran di Banjarbaru. Sementara pasca-pandemi, angkanya menjadi 5,7 persen. Engangguran yang dimaksud adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai calon tenaga kerja atau sudah membuat kartu AK1.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin, yang membuka Job Fair 2022 secara langsung optimistis event ini dapat menekan jumlah pengangguran.

“Di sini, dapat mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja secara langsung. Ini juga dapat mengurangi angka pengangguran yang persentasenya naik sebanyak 1,6 persen karena pandemi,” terang Ovie, sapaan akrab Wali Kota.

Ovie juga memberikan imbauan bagi para pencari kerja agar bisa memanfaatkan Job Fair ini sebaik mungkin.

“Kita harapkan masyarakat yang masih mencari pekerjaan bisa berpartisipasi datang ke sini untuk mendapatkan informasi atau mungkin bisa memberikan berkas untuk melamar pekerjaan,” katanya.

Komentar