Tips dan Trik

Pemula Wajib Tahu, Berikut 12 Tips Nonton Konser Musik Agar Aman dan Nyaman

Usai dilanda pandemi Covid-19 pada 2020 yang lalu, belakangan ini pertunjukan konser musik sudah semakin ramai diadakan.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Usai dilanda pandemi Covid-19 pada 2020 yang lalu, belakangan ini pertunjukan konser musik sudah semakin ramai diadakan.

Selain sebagai pelapas rindu setelah vakumnya acara-acara musik karena pandemi, menonton konser juga bisa menjadi pilihan self healing.

Namun bagi penonton pemula mungkin akan merasa sedikit kebingungan tentang apa saja yang harus dibawa atau baiknya mengenakan outfit apa saat nonton konser.

Dilansir dari sehataqua, berikut 12 tips yang mungkin bisa membantu agar lebih aman dan nyaman saat menonton konser:

1. Pesan Tiket Lebih Awal

Acara konser musik biasanya diumumkan ke publik jauh-jauh hari. Oleh karena itu, tips nonton konser yang pertama adalah sebaiknya Anda memesan tiket lebih awal. Hal ini agar tidak perlu pusing mencari tiket mendekati hari-H.

Belum lagi biasanya tiket mendekati hari-H rawan habis. Daripada tidak kebagian tiket masuk dan tidak jadi nonton, lebih baik segera memesannya jauh-jauh hari. Lagipula, seringkali harga tiket di awal juga masih murah dibandingkan harga normal.

2. Pasang Kalender Pengingat

Setelah tiket konser aman, jangan lupa memasang kalender pengingat di handphone agar tidak lupa jadwal.

Apalagi jika konser tersebut masih akan digelar dalam hitungan bulan. 

Bisa jadi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menambah euforia menonton konser, memasang kalender pengingat bisa membantu  mempersiapkan diri dalam membeli atau membuat barang tersebut.

3. Kenakan Outfit yang Nyaman

Nah, tips nonton konser satu ini juga perlu diperhatikan. Anda pasti tidak ingin salah kostum saat menonton pertunjukan musik, bukan? Karena itu, pikirkan outfit yang cocok sesuai kondisi di lapangan namun tetap memberikan kenyamanan saat bergerak.

Sebagai contoh apabila menonton konser outdoor di daerah dataran tinggi, maka kenakan outfit yang dapat menghangatkan badan, karena biasanya daerah dataran tinggi cenderung dingin, terlebih di malam hari.

Hindari memilih pakaian yang membuat ribet dan kurang nyaman, seperti menggunakan high heels, tas jinjing, atau lainnya.

Selain outfit yang nyaman, memakai outfit yang memperlihatkan antusias dalam konser, misalnya ketika menonton konser sebuah band, memakai official merchandise band tersebut.

4. Bawa Barang Seperlunya

Tips nonton konser berikutnya adalah membawa barang seperlunya. Hal ini supaya tidak ribet dan kerepotan membawa barang di tengah keramaian konser, serta menghindari risiko barang hilang atau dicuri.

Bawalah barang secukupnya saja, misal dompet, handphone, tiket, tisu, dan barang untuk keperluan konser seperti lightstick. Simpan semua barang tersebut ke dalam satu tas kecil yang mudah dibawa ke mana-mana.

5. Jangan Lupakan Tiket

Tips nonton konser berikut tentu menjadi hal utama yang wajib dilakukan. Yakni membawa tiket konser. Memperhatikan prosedur dari pihak promotor sebelum hari-H. Biasanya jika membeli tiket secara online, harus menukarnya dulu dengan tiket fisik.

Bila demikian, berarti harus memperhatikan waktu penukaran tiket agar bisa masuk ke dalam venue konser.

6. Pikirkan Akomodasi

Bagi yang menonton konser di luar kota, hal ini penting dipikirkan. Tentukan akomodasi penginapan dan pikirkan bagaimana kendaraannya.

Apakah akan menggunakan transportasi online atau menggunakan kendaraan pribadi.

7. Selalu Bawa Uang Tunai

Selain itu membawa uang tunai juga merupakan hal wajib ketika menonton konser.

Uang ini berfungsi untuk berjaga-jaga apabila ada pengeluaran seperti membeli barang di tempat konser, membayar parkir, dan lain sebagainya.

8. Datang Lebih Awal

Selanjutnya tips nonton konser adalah datang ke venue lebih awal. Mengapa? Tentu saja supaya bisa mendapatkan spot terbaik untuk menonton. Pilihlah barisan depan atau paling tidak di daerah terjangkau belakang penonton VIP.

Selain itu, jika tiba-tiba pihak penyelenggara konser mengubah jadwal rundown, tidak perlu panik sebab sudah datang lebih awal.

9. Ikuti Aturan Penyelenggara Konser

Agar momen nonton konser jadi lebih seru dan menyenangkan, sebaiknya ikuti aturan penyelenggara konser.

Umumnya pihak penyelenggara akan menerapkan sejumlah aturan demi kenyamanan penonton, seperti wajib menggunakan masker, wajib menjaga ketertiban, dan sebagainya.

10. Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Tips nonton konser selanjutnya yang paling penting adalah pastikan tubuh berada dalam kondisi sehat dan fit.

Pastikan juga mengisi energi dengan makan makanan bergizi sebelum berangkat ke venue.

Sebaiknya, selalu menjaga kesehatan serta meluangkan waktu untuk istirahat, terlebih mendekati hari-H menonton.

Pasalnya, kesehatan fisik dapat mempengaruhi mood saat menonton konser. Jadi sampai di hari-H  jatuh sakit dan malah membuat jadi kurang bersemangat.

11. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Jika memiliki penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu, seperti asma atau alergi maka sebaiknya juga membawa obat pribadi misalnya inhaler, antihistamin, atau lainnya sesuai kondisi masing-masing.

12. Bawa Air Minum

Terakhir, tips nonton konser yang tak boleh dilupakan adalah membawa air minum.

Pasalnya, Anda mungkin akan merasa haus dan lelah setelah bernyanyi sambil jingkrak-jingkrak selama berjam-jam, apalagi jika konser diadakan di siang hari. Oleh karena itu, untuk mencegah tubuh dari dehidrasi wajib membawa air mineral.

Editor
Komentar