Pemkab HSS

Pemkab HSS Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Jumat (28/10).

Featured-Image
Upacara peringatan sumpah pemuda di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Foto: Kominfo HSS

apahabar.com, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Jumat (28/10).

Bupati HSS, Achmad Fikry memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan diikuti oleh forkopimda setempat, Sekda Muhammad Noor, pejabat lingkup Pemkab HSS dan para ASN, PGRI dan Ormas serta pelajar.

Bupati Achmad Fikry menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari dan ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan.

"Kita jadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa Indonesia yang besar," kata Bupati Achmad Fikry membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober memberikan pelajaran bagaimana menghadapi perbedaan sikap primordial, suku agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Peringatan kali ini 'Bersatu Bangun Bangsa', memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Bupati Achmad Fikry berpesan kepada para pemuda di HSS yang menjadi harapan masyarakat harus menyiapkan diri meningkatkan kualitas sumber daya manusia menghadapi persaingan ke depan.

Nilai-nilai semangat persatuan dan kesatuan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 tetap menjadi perekat para pemuda ditengah-tengah era digitalisasi saat ini.

"Kita maknai semangat peringatan sumpah pemuda ini sebagai semangat mempersiapkan generasi muda. Pemerintah tentu akan memberikan fasilitas yang memungkinkan untuk para pemuda berkarya dan berkreatifitas," ungkapnya. 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dirangkai dengan penyerahan bonus kepada para atlet berprestasi yang mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Daerah Nasional (Fornas), Kejurprov Karate dan Kejurprov Pencak Silat. 

Selain itu juga diserahkan bantuan modal usaha bagi kempok usaha pemuda produktif disabilitas di HSS.

Editor
Komentar