News

Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan berencana akan mensubtitusi bahan pangan impor…

Featured-Image
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Foto: Resti/Apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan berencana akan mensubtitusi bahan pangan impor beralih ke produk dalam negeri guna mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memacu minat masyarakat untuk membeli produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Selain kita mendorong konsumsi masyarakat untuk membeli produk UMKM, kita perlu menyiapkan pangan kita yang lebih stabil dengan mensubstitusi beberapa komoditi yang masih kita impor," ucap Teten dalam gelaran hari nasional UMKM di Bandung, Jumat (12/08).

Menteri Koperasi dan UKM itu mengatakan akan memulai mensubtitusi komoditi minyak makan merah, supaya para petani sawit tidak hanya menjual TBS (Tandan Buah Segar) saja, tetapi juga bisa memilliki pabrik dan pengolahan sampai siap didistribusikan menjadi minyak makan.

Selain minyak, kacang kedelai pun tidak luput dari subtitusi. Nantinya kacang kedelai yang masih menjadi polemik tahunan akan diganti dengan kacang koro, yaitu kacang lokal khas Indonesia.

"Ya sementara terus menerus kita impor kedelai yang luar biasa dan setiap tahun terus naik tapi kita harus mulai ajak koperasi tahu tempe melakukan inovasi dengan menciptakan tempe dari kacang koro," kata Teten.

Pemerintah telah membuat strategi untuk memproduksi kacang koro dengan bekerja sama menggandeng IPB (Institut Pertanian Bogor) dalam strategi ini. Termasuk tengah menyiapkan ekosistem mulai dari akses pasar dan pembiayaan yang perlu kerjasama.

Saat ini e-commerce atau transaksi jual beli secara elektronik lebih dari 10 persen yang diperjualbelikan produk impor. Karena itu, harus diperlukan penguatan produksi UMKM dari kapasitas maupun kualitas supaya pasar ekonomi digital bisa memberikan manfaat untuk masyarakat serta untuk UMKM.

"Melalui hari UMKM nasional ini saya ingin mendorong untuk seluruh stakeholder pemerintah lembaga keuangan asosiasi untuk mewujudkan UMKM juara dengan percepatan UMKM go digital melalui penyiapan kebijakan nasional ekonomi digital agar digitalisasi ekonomi membuat manfaat sebesar-besarnya," pungkasnya. (Resti)

Tags
News
Komentar