630585e5e0680b3624035552-6306d488884dfd428a07e302
6306d488884dfd428a07e302-6306d488884dfd428a07e302
Banner
prediksi

Patahkan Kutukan, Super Komputer Prediksi Timnas Prancis Juara Piala Dunia 2022

Penggunaan teknologi di dunia olahraga memang sudah tidak asing lagi, khususnya di pertandingan sepak bola.

Featured-Image
Momen timnas Prancis saat meraih kemenangan di Piala Dunia 2018. Foto-Dokumen

apahabar.com, BANJARMASIN - Penggunaan teknologi di dunia olahraga memang sudah tidak asing lagi, khususnya di pertandingan sepak bola. Tentunya hal ini sangat memberikan kontribusi dalam penyiaran dan membantu kinerja wasit dalam mengatur jalannya pertandingan.

Selain itu, semakin berkembangnya teknologi di dunia sepak bola dapat menghitung kemungkinan atau probabilitas kemenangan dari sebuah kompetisi. Teknologi ini dikenal dengan super komputer.

Salah satu kompetisi yang pernah diprediksi super komputer saat Liga Inggris musim lalu. Super komputer menganalisis bahwa Manchester City keluar sebagai juara Liga Inggris.

Hasilnya pun ternyata akurat, klub asuhan Pep Guardiola memenangkan gelar Liga Inggris.

Namun super komputer ternyata juga tidak bisa menjadi patokan, teknologi itu pernah meleset memprediksi kualifikasi Piala Asia beberapa bulan lalu. Super komputer memprediksi Timnas Indonesia tidak akan lolos.

Saat itu Garuda tergabung di grup neraka yang diisi Kuwait, Yordania dan Nepal. Namun kenyataannya, Timnas Indonesia bisa lolos dan mendapat posisi runner up grup.

Kali ini super komputer kembali membuat prediksi mengenai juara Piala Dunia 2022 Qatar. Dari hasil analisis, super komputer memprediksi timnas Prancis, akan keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 di Qatar dengan kans sebesar 17.93 persen.

Jika prediksi ini benar, Kylian Mbappe dan kawan-kawan akan menjadi salah satu tim yang berhasil mematahkan kutukan juara bertahan. Dari kejadian yang sudah-sudah, juara bertahan selalu apes saat bertanding di Piala Dunia. Bahkan beberapa juara bertahan tak bisa lolos dari fase grup.

Angka persentase Prancis masih lebih besar dibandingkan dengan timnas Brasil yang mendapatkan peluang sebesar 15.73 persen. Dari laporan The Analyst, alasan super komputer mengunggulkan Prancis daripada Brasil adalah tingkat kesulitan menuju babak berikutnya.

Jika Prancis lolos dari Grup D, maka Les Bleus akan menghadapi tim peringkat kedua dari Grup C yang terdiri dari timnas Argentina, Meksiko, Polandia, dan Arab Saudi di babak 16 besar.

Kemudian saat perempat final, Prancis kemungkinan akan menghadapi tim dari pemenang Grup B (kemungkinan besar adalah timnas Inggris) atau runner-up Grup A.

Dengan Belanda, yang sangat difavoritkan untuk memenangi Grup A, maka runner-up grup tersebut kemungkinan akan ditempati oleh timnas Senegal, Ekuador, atau Qatar.

Sementara itu, Brasil berada di Grup G bersama timnas Swiss, Serbia, dan Kamerun. Jika menjadi juara grup, maka Brasil akan menghadapi tim peringkat kedua dari Grup H yakni Portugal, Uruguay, Korea Selatan, atau Ghana di babak 16 besar.

Di babak tersebut, Brasil kemungkinan bisa lolos dengan mudah. Namun, untuk pertarungan di perempat final, Brasil kemungkinan besar akan melawan pemenang Grup E. Timnas Spanyol atau Jerman, yang menghuni Grup E, kemungkinan jadi lawan Brasil di babak perempat final.

Di tempat lain, timnas Spanyol (11.53 persen) dan Inggris (8.03 persen) juga punya persentase cukup bagus untuk menjuarai Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Jerman cuma mendapatkan 7.21 persen untuk meraih trofi Piala Dunia. Adapun tim yang diperkuat Lionel Messi, timnas Argentina, punya kans sebesar 6.45 persen untuk memenangi Piala Dunia.

Terkahir, timnas Portugal, yang diperkuat oleh Cristiano Ronaldo, mendapatkan peluang 5.11 persen untuk meraih trofi Piala Dunia.

Editor
Komentar