Pemprov Kalsel

Paman Birin Ajak Media Online dan Medsos Bijak dalam Sebarkan Informasi

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyebut tantangan baru yang muncul akibat perkembangan teknologi…

Featured-Image
Ilustrasi – Berita hoaks. Foto: kominfo.go.id

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyebut tantangan baru yang muncul akibat perkembangan teknologi antara lain terkait penyebarluasan informasi yang sangat cepat.

Bukan hanya melalui media online, namun juga via media sosial. Hal hal ini sebutnya, perlu diantisipasi karena tidak jarang kebenaran informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang cukup untuk melakukan check and recheck atau periksa dan periksa lagi sebelum menyebarluaskan informasi sumber berita dan informasi tersebut.

“Kebebasan berpendapat sangat penting demi terwujudnya kehidupan demokratis di Banua ini,” katanya, Ahad (4/9).

Disebutkan, ada fenomena menarik yang terjadi selama pandemi Covid-19. Di mana berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, terjadi pergeseran konfigurasi pemanfaatan internet oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Sebelumnya tutur Paman, konfigurasi pemanfaatan internet itu berada di kantor, kampus, sekolah, dan tempat publik.

“Namun saat ini bergeser rumah-rumah,” ujar Paman Birin.

Pemerintah pun terus berusaha meningkatkan fasilitas dan sarana prasarana pendukung sehingga masyarakat semakin mudah mengakses internet.

“Tentu situasi ini merupakan peluang sekaligus tantangan yang dihadapi bersama,” tambah Paman Birin.

Dari itu, dirinya mengimbau agar masyarakat bijak dalam bermedsos dan bijak dalam menerima berita yang sumbernya tidak jelas.

Komentar