Relax

New Yamaha R15 Connected Rilis di Kalselteng, Simak Fitur Kerennya

apahabar.com, BANJARMASIN – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali merilis motor sport baru All New…

Featured-Image
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali merilis motor sport baru All New Yamaha YZR – R15 Connected dan Yamaha YZF-R15M Connected-ABS. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali merilis motor sport baru All New Yamaha YZR – R15 Connected dan Yamaha YZF-R15M Connected-ABS.

Di Kalimantan Selatan dua model motor ini mulai dipasarkan awal tahun 2022 ini dan dijual dari harga Rp 40 jutaan.

"Motor sport R seris ini punya DNA dari motor balap. Bagi Yamaha melahirkan motor sport bukan hal baru," kata General Manager Service PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Kalselteng, Edy Sunardi dalam press conference yang digelar di Hotel Treepark Banjarmasin, Jumat (28/1).

Edy menerangkan di generasi ke-4 R15 ini ada sejumlah teknologi baru. All News R15 Connected dibekali dapur pacu berkapasitas 155cc SOHC, 4 katup dan berpendingin cairan. Mesin ini mempunyai daya maksimum 14,2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi dengan Assist and Slipper Clutch. New R15 generasi ke empat ini juga memiliki dukungan untuk aplikasi "Y-Connect" yang mendukung teknologi di mana sepeda motor bisa terkoneksi dengan smartphone pengendara.

Yamaha R15M yang mengadopsi pewarnaan body yang mirip dengan produk Yamaha yang dipakai di motor homologasi WSBK mereka yakni Yamaha R1M.

Yamaha memberikan tambahan upgrade khususnya untuk Yamaha R15M dengan kehadiran Traction Control, Dual Channel ABS, dan Quick Shifter yang akan membuat perpindahan gear (hanya shift up), semakin cepat karena tidak lagi membutuhkan mekanisme tarik tuas kopling terlebih dahulu. Mengenai perbedaan antara R15 dan R15M.

Fitur-fitur yang eksklusif hadir di R15M adalah quick shifter, speedometer bergaya R1, triple clamp bergaya R1, jok bermotif carbon fiber, dual channel ABS, TCS dan engine switch off model R1.

“Quick shifter ini untuk menigkatkan performa berkendara. Saat putaran mesin sudah mencapai 2.000 RPM, maka memasukan gigi 2,3,4,5 dan 6 tak perlu menarik tugas kopling,” sambungnya.

Dilengkapi juga dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin.

Fitur canggih lainnya yang diaplikasikan pada motor teranyar Yamaha ini adalah Traction Control System (TCS) yang berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di segala kondisi permukaan jalan.

Ada juga Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS) yang membuat kontrol pengereman semakin optimal.

All New R15 Connected juga telah menggunakan suspensi Up Side Down (USD) yang meningkatkan handling, pengendalian lebih maksimal serta menjadikan motor tampak gagah dan sporty.

Branch Manager PT STSJ Kalselteng Sunardy Halim, mengatakan pihaknya siap memenuhi permintaan pasar hingga 300 unit per bulan.

"Jika dibanding tahun 2021 demand kita meningkat, artinya kita bisa menjual mencapai 300 unit perbulan," katanya.

img

Komentar