Kalsel

Nelayan Muara Kintap Tala Terima 47 Legalitas Kapal

apahabar.com, PELAIHARI – Nelayan di Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut (Tala), akhirnya bisa…

Featured-Image
Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat menyerahkan bukti pencatatan kapal perikanan (BPKP) dan buku pas kecil nelayan kepada salah seorang nelayan. Foto: Diskominfo Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Nelayan di Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut (Tala), akhirnya bisa bernapas lega.

Pasalnya mereka sudah mendapatkan legalitas melaut berupa buku pas kecil nelayan dan bukti pencatatan kapal perikanan (BPKP) dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Tala.

"Alhamdulillah, dokumen itu sangat bermanfaat bagi nelayan kami. Jadi nelayan punya kelengkapan kapal,” ujar Kepala Desa Muara Kintap, Mulyadi, Minggu (14/2).

Menurut Mulyadi, buku pas kecil Nelayan dan BPKP memudahkan nelayan apabila ada pemeriksaan di laut dari dinas terkait.

“Maka, nelayan tidak perlu takut, bisa menunjukkan bahwa kapalnya sudah terdaftar dan layak untuk digunakan melaut," katanya.

Mulyadi menambahkan legalitas dan buku pas nelayan itu diserahkan Bupati Tala, H Sukamta, Selasa (9/2) di GOR Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap.

“Ada 47 dokumen yang diserahkan untuk kapal perikanan berukuran sampai dengan 5 greston [GT] kepada pemilik kapal di Desa Muara Kintap tanpa pungutan biaya,” ujarnya.

Penerbitan BPKP, dan buku pas kecil sendiri melalui beberapa tahapan. Pertama, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kintap melakukan uji kelayakan alat keselamatan kapal, kemudian menerbitkan dokumen pas kecil dan sertifikat kesempurnaan kapal.

Kedua, Kepala DKPP Tala menerbitkan rekomendasi penerbitan BPKP, setelah kapal memenuhi syarat, seperti legalnya alat tangkap yang dipakai oleh kapal tersebut.

Selanjutnya DPMPTSP Tala melakukan input data ke Aplikasi Pelayanan Perizinan Terpadu (Apperindu) untuk melakukan pencetakan BPKP.

Kepala DKPP Tala, Rizayadi berharap semua kapal nelayan di Desa Muara Kintap nantinya bisa memiliki BPKP dan pas kecil dan pihaknya tetap melayani pengurusan dokumen tersebut.

"Bukan hanya hari ini untuk Desa Muara Kintap, bagi kawan-kawan yang belum sempat mendaftar dan melengkapi dokumen yang diminta bisa mengurus lagi. Karena semua kapal rencananya diukur ulang dan ada peran Camat Kintap untuk mengeluarkan surat kepemilikan kapal," tandasnya.

Komentar