Relax

Mulai Jan Ethes hingga Panembahan, Ini Makna di Balik Penamaan Cucu Jokowi

apahabar.com, JAKARTA – Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak pernah luput…

Featured-Image
Jokowi bersama dengan cucu-cucunya (Foto: Suara Bogor)

apahabar.com, JAKARTA – Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak pernah luput dari sorotan publik. Entah menyoal kebijakan yang dia buat atau kehidupan personalnya.

Belakangan ini, Jokowi menjadi pusat perhatian publik lantaran kembali dikaruniai seorang cucu laki-laki yang lahir pada Kamis (25/8/2022). Cucunya ini merupakan anak ketiga dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Kehadiran anggota keluarga baru itu menambah daftar cucu Jokowi menjadi lima orang, setelah sebelumnya dikaruniai dua cucu dari Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, serta dua cucu lagi dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Kehadiran cucu-cucu dari presiden ketujuh Indonesia ini kerap tertangkap kamera, sehingga tak jarang membuat netizen merasa gemas. Selain bertingkah lucu, keempat cucu Jokowi itu sering diperbincangkan lantaran memiliki nama yang kental akan nuansa Jawa.

Tak sedikit yang menilai nama-nama dengan sentuhan budaya Jawa itu unik. Lantas, sebenarnya apa arti di balik nama cucu-cucu Jokowi? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jan Ethes Sri Narendra

Jan Ethes Sri Narendra merupakan putra pertama dari pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. Cucu pertama Jokowi ini lahir pada 10 Maret 2016.

Nama Jan Ethes sendiri, kabarnya, diberikan langsung oleh sang ayah, Gibran. Namun, Gibran tak menampik bahwa Jokowi juga turut andil dalam mengusulkan nama anak sulungnya itu.

Adapun arti nama Jan adalah "sangat atau sekali", Ethes berarti "cekatan", dan Srinarendra bermakna "pemimpin yang cerdas."

2. Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nasution merupakan putri pertama dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Cucu kedua Jokowi ini lahir pada 1 Agustus 2018.

Sang ibu, Kahiyang, pernah menjelaskan nama Sedah Mirah mengandung harapan agar putri sulungnya itu menjadi anak yang menawan, salihah, dan dermawan.

"Artinya, semoga putri kami menjadi anak yang menawan, soleha dan dermawan bagi orang-orang sekitarnya,” ungkap putri kedua Jokowi itu..

3. La Lembah Manah

Selang setahun usai kelahiran Sedah Mirah, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda kembali dikaruniai anak perempuan yang lahir pada 15 November 2019. Cucu ketiga Jokowi itu diberi nama La Lembah Manah.

Gibran menjelaskan bahwa La merupakan singkatan dari "lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku." Sedangkan, konsultan dan pakar restruktur nama, Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, menilai nama tersebut membawa banyak keberuntungan yang kelak akan melingkupi dirinya.

Menurut konsultan yang akrab disapa Helen itu, La Lembah Manah mengandung harapan agar si empunya nama hidup dalam damai dan penuh harmoni, serta mampu berhubungan baik dengan sesama.

4. Panembahan Al Nahyan Nasution

Berjarak dua tahun dari anak pertama, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution kembali dikaruniai anak kedua yang lahir pada 3 Agustus 2020. Adik dari Sedah Mirah ini diberi nama Panembahan Al Nahyan Nasution.

Menurut berbagai sumber, Panembahan berarti sosok yang dijunjung. Sedangkan, Al Nahyan berasal dari bahasa Arab yang artinya seseorang berkepribadian bijak.

5. Panembahan Al Saud Nasution

Cucu kelima Jokowi yang baru lahir pada 25 Agustus 2022 ini diberi nama Panembahan Al Saud Nasution. Putra ketiga dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution itu memiliki nama yang berarti baik-baik.

"Namanya Panembahan Al Saud Nasution. Artinya yang baik-baik untuk anak kami," ujar Bobby.

Demikianlah arti nama dari lima cucu Jokowi yang kental akan nuansa Jawa. Apakah Anda jadi terinspirasi untuk menamai calon buah hati Anda seperti cucu-cucu presiden ketujuh Indonesia ini? (Nurisma)

Komentar