Kalsel

MoU Ok Oce, Sandiaga Uno Ingin Lahirkan Puluhan Ribu Pengusaha di Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Usai mengisi acara di Talkshow literasi Smart City di Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru….

Featured-Image
Sandiaga Uno melakukan peninjauan usaha ekonomi kreatif di Banjarbaru, ditemani Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Usai mengisi acara di Talkshow literasi Smart City di Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Sandiaga Uno tak membuang waktu untuk melanjutkan kunjungannya ke beberapa lokasi ekonomi kreatif di kota Idaman ini.

Dipaparkannya, pertumbuhan di Banjarbaru sudah mencapai dua persen atas nasional.
“Ini menunjukkan strategi berkolaborasi dengan dunia usaha menghasilkan pertumbuhan yang berkualitas. Jika kita bisa mencetak antara 10-15 ribu pengusaha baru di lima tahun ke depan, ini target yang bisa kita capai,” ungkap Sandi usai mengisi acara MoU Ok Oce di Lapangan Murjani Banjarbaru, Rabu (11/12) Sore

Kolaborasi bersama pemangku kepentingan ujarnya dapat menjadi inspirasi nasional. Dengan membuka peluang kepada dunia usaha untuk berpartisipasi, bukan hanya pertumbuhan ekonomi namun juga akan tercipta lapangan kerja lebih banyak lagi.
Hari ini kita tanda tangan kerjasama antara OK Oce dan pemerintah kota banjarbaru. Kita juga menginginkan inisiatif dan partisipasi lebih luas dari sektor swasta,” ujarnya

Banjarbaru menurutnya memiliki peluang yang bagus. Sebelumnya, Sandi dan rombongan juga telah melakukan peninjauan usaha kreatif di beberapa tempat.

Pertama adalah Kampung Purun Banjarbaru. Di sana, Sandi dan Jaya meresmikan galeri kerajinan purun yang berbasis ramah lingkungan. Kampung yang sudah dibina sejak 2016 lalu ini, mampu memasarkan produk hingga di tingkat internasional. Bahkan menurut Jaya, purun telah ditetapkan oleh kementerian sebagai warisan budaya.

“Masyarakat mengganti penggunaan plastik itu dengan hasil kerajinan tangan sendiri. Bukan hanya mengkonservasi lingkungan kita tapi juga membuka peluang ekonomi dan lapangan kerja,” bebernya

Selain memunculkan kembali kearifan lokal, kampung purun juga akan menjadi kampung percontohan bagi wilayah lain dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif.

“Tanda tangan dengan Ok Oce menjadi bukti gerak cepat pemerintah untuk membantu memasarkannya. Karena Ok Oce sudah memilliki network 130 ribu jaringan pengusaha di seluruh Indonesia,” sebutnya saat diwawancara di Kampung Purun Banjarbaru

Selepas kunjungan di Kampung Purun, rombongan kemudian beranjak ke pengrajin sasirangan bordir di NDF Hj Imay kawasan Cempaka Banjarbaru. Setelah melihat beberapa koleksi, Sandi menyebut produk tersebut menjadi inovasi menarik lainnya yang dapat dia tawarkan ke seluruh jaringan Ok Oce.

“Sekarang sudah dikombinasi dengan bordir khasnya banjarbaru. Tidak hanya di Banjarbaru atau Kalsel, dengan Ok Oce bisa kita bantu pemasarannya ke seluruh Indonesia malah bisa dieskpor,” tuturnya

Kepada para pelaku UMKM, Sandi juga berpesan agar terus konsisten dalam menjalankan bisnis. Ok Oce kata dia, menjadi wadah yang dapat membina para pengusaha dalam mengembangkan usaha mereka.

“Pembukaan akses permodalan, pelatihan, pendampingan, permudahan pengizinan, pemasaran, pelaporan keuangan. Ini yang akan dibantu Ok Oce,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: Sudian Noor: Peringatan Hari Ibu sebagai Sebuah Momentum Kebangkitan Bangsa

Baca Juga: Kecelakaan Horor di Tapin, Dua Nyawa Melayang

Baca Juga: Dikunjungi Wakil Dubes Amerika, Supian HK ‘Ngebet’ Mau ke Luar Negeri

Baca Juga: Menjelang Sertijab, Kapolres HST Terima Penghargaan

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Komentar