Pemkot Banjarmasin

Motif Sasirangan Ini Jadi Pakaian Resmi ASN di Hari Jadi Banjarmasin ke 497

Hari jadi Kota Banjarmasin ke 497 tahun 2023 nanti, motif kain sasirangan karya Kantan Sasirangan mendapat kehormatan menjadi pakaian resmi para ASN

Featured-Image
Pemenang lomba motif dan pewarna kain sasirangan yang langsung diserahkan Wali Kota Banjarmasin. Foto-Humas for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN - Hari jadi Kota Banjarmasin ke 497 tahun 2023 nanti, motif kain sasirangan karya Kantan Sasirangan mendapat kehormatan menjadi pakaian resmi para ASN Lingkup Pemkot Banjarmasin.

“Sesuai dengan kesepakatan kita yang menjadi juara 1 akan diambil oleh pemerintah kota menjadi seragam hari jadi kota Banjarmasin dan event event lain yang ada di pemerintah kota Banjarmasin,” ujar Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, saat menyampaikan sambutannya, Jumat (30/9) malam sekira pukul 21.00 Wita.

Kain sasirangan dengan menggunakan zat pewarna alam tersebut, dinyatakan juara 1 dalam lomba motif sasirangan dalam rangka memeriahkan harijadi Kota Banjarmasin ke 496 tahun 2022.


Orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini menyatakan rasa bangga, dan apresiasinya atas maha karya yang telah diciptakan para pengrajin kain sasirangan Kota Banjarmasin.

“Lomba motif sasirangan tahun ini mengambil tema dari ukiran di rumah Banjar. Luar biasa ukiran-ukiran yang ada di rumah adat Banjar ini, motif yang dipilih untuk dijadikan motif sasirangan diambil dari plang ataupun juga ukiran-ukiran lain yang ada di bangunan Banjar, kemudian dituangkan ke sehelai kain, kemudian jadilah mahakarya yang luar biasa untuk Kita banggakan bersama-sama,” ujar H ibnu Sina, saat menyampaikan sambutannya, Jumat (30/09).


Pemenang ke dua, lomba yang telah menjadi event tahunan milik Pemko Banjarmasin itu jatuh pada pengrajin sasirangan premium Nazwa, dan untuk juara ketiga, pengrajin sasirangan yang beruntung adalah Nagabin.

"Saya melihat, baik yang berwarna alam ataupun juga pewarna biasa bagus-bagus semua, saya yakin dan percaya dewan juri pasti kesulitan untuk menentukan siapa yang harus menjadi juara karena motifnya bagus bagus, tapi kita konsisten,” katanya.


H Ibnu Sina berharap, kain sasirangan yang merupakan kain peninggalan raja-raja Banjar ini bisa dijaga dan dirawat kelestariannya. Terlebih, jelasnya, Presiden RI, Joko Widodo pun telah mengeluarkan imbauan agar seluruh masyarakat Indonesia harus bangga dengan buatan dan karya bangsa sendiri.


Harapan lain yang disampaikannya dalam kegiatan yang dihadiri Ketua Deranasda Kota Bnajarmasin, Hj Siti Wasilah itu, agar dengan semakin populernya kain sasirangan akan menunmbuhkan ekonomi masyarakat khususnya dibidang ekonomi kreatif.

"Semoga kegiatan malam ini akan melahirkan juara-juara baru yang akan menjadi duta duta kain sasirangan, dan akan diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba pada tingkat nasional yaitu diajang Putra Putri batik Indonesia,” pungkasnya.

Reporter : Bahaudin Qusairi

Editor
Komentar