News

Misteri Hilangnya Kamaruddin Simanjuntak Usai Diusir di Lokasi Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

apahabar.com, JAKARTA – Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak seolah mendadak menghilang dari hadapan publik. Pria…

Featured-Image
Misteri Hilangnya Kamaruddin Simanjuntak, pengacara Brigadir J. (Foto: dok. apahabar.com/RT)

apahabar.com, JAKARTA – Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak seolah mendadak menghilang dari hadapan publik. Pria yang vokal dalam mengungkap kasus penembakan dan pembunuhan berencana Brigadir J itu kini terkesan diam.

Kamaruddin terakhir terlihat di hadapan publik pada saat proses rekonstruksi, Selasa, 30 Agustus lalu di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di jalan Saguling, Jakarta. Saat itu, ia dan timnya mengaku diusir oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi.

“Setelah kita tiba di salah satu ruangan tadi, ketika mau diadakan rekonstruksi, tiba-tiba kami diusir oleh Dirtipidum Polri,” ujar Kamaruddin kepada awak media di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta, disela proses rekonstruksi.

“Harusnya kami pengacara harus bisa melihat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J, karena ini bentuk ketransparansi kasus pembunuhan Brigadir J ke publik,” tambahnya.

Dirtipidum Bareskrim Polri berdalih bahwa proses rekonstruksi ini hanya wajib dihadiri oleh pihak-pihak tertentu, seperti penyidik, jaksa penuntut umum (JPU), para tersangka dan juga kuasa hukum dari tersangka.

“Yang wajib hadir dalam proses rekunstruksi adalah penyidik, JPU, para tersangka dan saksi beserta kuasa hukumnya,” ungkap Brigjen Andi kepada awak media, di Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8).

Sehingga menurut jenderal polisi bintang satu itu tidak ada ketentuan atau kewajiban dari pihaknya untuk mengizinkan masuk pihak lain dan ikut menyaksikan proses rekonstruksi tersebut. Termasuk juga dengan kuasa hukum korban, Kamaruddin Simanjuntak.

HALAMAN
12
Komentar